Minggu, 30 Juni 2019 09:04

Tim Debat Bahasa Inggris Unismuh Tampil Oke di UADC Vietnam

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim debat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasssar yang tampil di "United Asian Debating Championship (UADC)" di Kota Hanoi, Vietnam.
Tim debat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasssar yang tampil di "United Asian Debating Championship (UADC)" di Kota Hanoi, Vietnam.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasssar mengirimkan delegasi dalam kontes debat Bahasa Inggris tingkat Asia

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makasssar mengirimkan delegasi dalam kontes debat Bahasa Inggris tingkat Asia "United Asian Debating Championship (UADC)" di Kota Hanoi, Vietnam. 

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 25 Juni dan berlangsung hingga 30 juni 2019 di Vietnam International School. Tim debat Unismuh Makassar yang juga naungan dari UKM Bahasa menjadikan satu-satunya tim perwakilan kampus yang ada di luar Pulau Jawa. 

Kompetisi UADC ini adalah kegiatan yang bergengsi yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. Para peserta debat berasal dari kampus se-Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Vietnam, Philipina, Bangladesh, India, Korea, Nepal, Pakistan, Tiongkok, dan Kamboja.  

Kompetisi Debat UADC menggunakan sistem debat Asian Parliamentary System. Tiap tim beranggotakan tiga orang sebagai debater yaitu Muhammad Arham dari prodi bahasa Inggris, Wahfiuddin Jamil dari prodi Bahasa Inggris dan Erwin Iriansyah dari prodi Arsitektur dan 1 orang sebagai juri N1 yaitu Jupri dari prodi Ilmu Komunikasi. 

Dekan FKIP Unismuh sekaligus Pembina dari UKM Bahasa, Erwin Akib mengungkapkan motivasi dan semangat adik-adik mahasiswa yang luar biasa. Tetaplah berjuang dan membawa nama baik kampus dimata nasional dan internasional.

Pada pelaksanaan babak penyisihan (preliminary round) dilaksanakan sebanyak 8 round. Pada sistem (Match Up) penyesuaian lawan tanding menggunakan sistem tabulasi online. 

"Untuk sementara, Tim Debat Unismuh Makassar mendapatkan tiga poin (victory point), atau dengan kata lain, tim debat Unismuh Makassar telah memanangkan tiga kali dalam pertandingan. Kemenangan tiga poin tersebut, diraih setelah mengalahkan tim debat dari University of Myitkyina Myanmar, University of Languages and International Studies, Vietnam dan Vietnam National University - International School," katanya, Sabtu (29/6/2019).

Erwin menambahkan, untuk tim yang lainnya yaitu Binus University dan Univeristas Parahyangan mendapatkan empat victory point (VP). Ketiga universitas tersebut menjadi perwakilan dari Indonesia. 

"Ini adalah pengalaman yang sangat berharga, berdebat dan bertemu banyak penggiat debat se Asia, sangat mengasah critical thinking bagi para peserta," tutur salah seorang tim debat dari Unismuh, Arham.

Selain itu, ini adalah yang ketiga kalinya Unismuh Makassar mengirimkan delegasinya pada lomba debat tingkat Asia UADC. 

Sebelumnya, UADC 2014 yang dilaksanakan di Nanyang Technological University, Singapura. Selanjutnya UADC 2016 di Assumption Universtiy Thailand. Dan yang ketiga kalinya pada UADC 2019 yang sementara berlangsung sekarang ini. 

Tim debat UKM Bahasa juga terus menorehkan prestasinya. Selain di tingkat Asia, tim debat Unismuh juga akan kembali berlaga dalam mewakili LLDIKTI IX dalam kontes debat nasional National University Debating Championship (NUDC) 2019 yang dilaksanakan oleh Belmawa Ristek Dikti pada 14 hingga20 Juli 2019 mendatang di Universitas Airlangga, Surabaya. 

Tim debat Unismuh menjadi perwakilan 8 perguran tinggi LLDIKTI dimana Unismuh Makassar menjadi satu-satunya perguruan tinggi Swasta yang berhasil lolos ditingkat wilayah.