Sabtu, 29 Juni 2019 23:01

Darije Kalezic: Hasil Piala AFC Tak akan Pengaruhi PSM di Piala Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic (kanan).
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic (kanan).

Kegagalan PSM Makassar melangkah ke babak final Piala AFC 2019 Zona ASEAN sudah dilupakan skuat Juku Eja

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kegagalan PSM Makassar melangkah ke babak final Piala AFC 2019 Zona ASEAN sudah dilupakan skuat Juku Eja. Saat ini, Wiljan Pluim cs fokus menatap dua kompetisi tersisa, Piala Indonesia 2019 dan Liga 1 2019.

Pertandingan terdekat adalah saat PSM menjamu Madura United dalam pertandingan leg pertama babak semifinal Piala Indonesia 2019 yang akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (30/6/2019) besok.

Pelatih PSM, Darije Kalezic pun menegaskan anak asuhnya tak akan lagi dibayang-bayangi hasil minor di kompetisi Asia tersebut.

"Piala AFC tidak ada hubungannya sama sekali dengan Piala Indonesia. Jadi dari sudut pandang itu kita tidak punya ketakutan sama sekali. Setelah satu pertandingan kita kerja untuk pertandingan selanjutnya, dan hasil pertandingan sebelumnya itu tidak akan mempengaruhi hasil yang kita dapat di pertandingan selanjutnya," ungkap Kalezic dalam sesi jumpa pers yang dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (29/6/2019) sore tadi.

Pelatih berkebangsaan Bosnia Herzegovina itu pun yakin dengan kebugaran dan kondisi pemainnya. Konsistensi permainan yang ditunjukkan PSM di Piala AFC menjadi dasar keyakinan bagi Kalezic.

"Pemain dalam keadaan fit dan bugar. Itu mereka tunjukkan saat melawan tim Vietnam (Becamex Binh Duong) yang kita tahu mereka harusnya lebih kuat dan fit jika dibandingkan pemain-pemain yang ada di Indonesia pada umumnya. Kita tunjukkan itu dan memberikan tekanan besar kepada Becamex. Bahkan, semua percaya andai kita mendapat tambahan waktu 5 menit lagi maka kita akan mencetak gol saat itu," beber Kalezic.

Dirinya pun mengaku bersyukur meski harus menghadapi jadwal padat, tak ada satupun pemain PSM yang saat ini mengalami cedera.

"Kita sudah main dalam schedule yang cukup padat belakangan ini. Namun kita tetap menunjukkan pertandingan yang sengit, terutama saat melawan Becamex beberapa waktu lalu. Kita keluar dari pertandingan itu tanpa ada satu pemain pun yang cedera," jelasnya.

Lalu apa strategi khusus yang disiapkan PSM kala menjamu Laskar Sape Kerrab, julukan Madura United. Kalezic menjawabnya dengan sederhana.

"Para pemain akan menampilkan kualitas mereka secara maksimal. Mereka juga akan memanfaatkan kelemahan lawan. Dalam dua laga nanti (leg pertama dan leg kedua) kita akan lihat apakah kita mampu melaju ke final atau tidak. Hanya itu yang bisa saya lakukan. Simpel," pungkasnya.

Seperti diketahui, di Piala AFC 2019, langkah PSM dihentikan oleh Becamex Binh Duong (Vietnam) di babak semifinal Zona ASEAN. Meski agregat gol imbang 2-2, namun Becamex unggul agresivitas gol tandang.

Sementara itu, di Piala Indonesia 2019, Juku Eja lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Bhayangkara FC. Meski agregat gol imbang 4-4, namun PSM berhak lolos ke babak semifinal setelah unggul agresifitas gol tandang. Adapun Madura United lolos ke babak semifinal setelah menyisihkan Persebaya Surabaya dengan agregat 3-2.