Sabtu, 22 Juni 2019 16:49

Cedera Langka Zah Rahan, Pertama Kali di Dunia Sepak Bola

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Zah Rahan. (Foto: Emadura)
Zah Rahan. (Foto: Emadura)

Gelandang Madura United, Zah Rahan Krangar, mengalami cedera. Cederanya itu disebut baru pertama ditemukan di Indonesia. 

RAKYATKU.COM, MADURA - Gelandang Madura United, Zah Rahan Krangar, mengalami cedera. Cederanya itu disebut baru pertama ditemukan di Indonesia. 

Dikutip laman Madura United, Zah Rahan dipastikan harus absen sepanjang putaran pertama kompetisi Liga 1 musim ini. Sang pemain bahkan kemungkinan tidak bisa bermain pada awal putaran kedua mendatang. 

Zah Rahan mengalami cedera Ruptur Rektur Femoris, atau cedera otot pangkal paha putus. 

Cedera itu mengharuskan Zah Rahan harus menjalani operasi penyambungan otot pangkal paha. 

Proses penyembuhannya membutuhkan waktu paling lambat empat bulan untuk bisa kembali beraktivitas di olahraga. 

"Klub akan bertanggung jawab untuk pemulihan cedera Zah Rahan hingga dia bisa kembali bermain bola. Kami berharap proses penyembuhan Zah Rahan berlangsung dengan lancar," kata Manajer Madura United, Haruna Soemitro, Jumat (21/6/2019). 

Zah Rahan mengalami cedera saat latihan usai sebelumnya menjalani masa pemulihan atas cedera yang dialami saat latihan sebelum menghadapi Persela Lamongan. 

Dalam catatan medis tim dokter yang menangani, cedera Zah Rahan adalah kejadian paling jarang bagi atlet olahraga. Hanya ada lima kasus yang sama di dunia olahraga.

Dari kejadian itu, empat kasus dialami oleh atlet bola basket dan satu kasus yang dialami Zah Rahan. 

"Berdasarkan penjelasan dokter yang menangani, kejadian ini adalah satu-satunya kejadian bagi pesepak bola di Indonesia. Kami berharap adanya dukungan moral bagi Zah Rahan agar terus memiliki percaya diri untuk cepat pulih," kata dokter tim Madura United, Herry Siswanto.