Kamis, 20 Juni 2019 16:12

Bingung Soal Penerimaan Siswa Baru SD dan SMP? Simak Penjelasan Kadisdik Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kadis Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando.
Kadis Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando.

Penerimaan siswa untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Makassar segera dimulai.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penerimaan siswa untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Makassar segera dimulai. 

Tahun ini, penerimaan siswa SD dan SMP dilakukan melalui tiga jalur. Tiga jalur tersebut, yakni jalur zonasi, prestasi, dan pindah domisili. 

"Untuk jalur zonasi diterima sebanyak 90 persen, jalur prestasi 5 persen, dan jalur pindah domisili 5 persen," ungkap Kadis Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando, Kamis (20/6/2019).

Penerimaan siswa untuk jalur prestasi dan domisili mulai 24 Juni 2019. Sementara jalur pindah domisili pada 27 Juni. Jalur prestasi dibagi dua, yakni akademik dan kegiatan seperti perlombaan. Jumlah penerimaannya masing-masing 2,5 persen. 

"Prestasi akademik dilihat hasil ujian akhir. Nilainya akan dirangking mulai dari pendaftar dengan nilai yang tertinggi di sekolah yang bersangkutan. Bukan rangking di sekolah asal (tempat lulus). Sementara untuk lomba akan dilihat tingkat perlombaannya termasuk tingkat internasional. Peringkat satu atau dua semua ada poinnya tersendiri," bebernya.

Sementara untuk pindah domisili diperuntukkan bagi pendaftar SD dan SMP yang orang tuanya sedang pindah tugas. Misalnya orang tuanya pindah tugas dari Bulukumba ke Makassar. Seperti polisi atau TNI yang biasa pindah tugas orang tuanya.

"Ini yang bisa diakomodir di jalur pindah domisili. Jika jalur prestasi dan pindah domisili tidak mencukupi juara suatu sekolah maka akan diisi melalui jalur zonasi," bebernya.