Minggu, 16 Juni 2019 08:32

Bom Mobil di Somalia, 8 Orang Tewas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sebuah bom mobil meledak di dekat gedung parlemen Somalia, Sabtu (16/6/2019) waktu setempat. Sebanyak 8 orang tewas dalam kejadian ini.

RAKYATKU.COM, MOGADISHU - Sebuah bom mobil meledak di dekat gedung parlemen Somalia, Sabtu (16/6/2019) waktu setempat. Sebanyak 8 orang tewas dalam kejadian ini.

Petugas di lokasi kejadian mengatakan, beberapa jam usai ledakan, aparat mengeksekusi 9 warga sipil dari klan yang diduga memiliki hubungan dengan Al-Shabaab.

"Kami memastikan 8 orang tewas dan 16 lainnya luka-luka dalam ledakan itu," kata petugas layanan ambulans dilansir AFP.

Sementara ledakan kedua terjadi di jalan utama menuju bandara ibu kota Somalia, Mogadishu. Tidak ada korban jiwa dari ledakan itu.

Kelompok Al-Shabaap menyatakan bertanggung jawab dalam peristiwa ledakan itu. "Mereka menargetkan di dua pos pemeriksaan, satu di antaranya di sepanjang jalan bandara dan (yang lain) di sepanjang jalan yang mengarah ke rumah legislator."

"Aku melihat empat mayat dan empat lainnya terluka akibat ledakan itu," kata warga yang menyaksikan ledakan itu, Abdulahi Mire.

Mire menambahkan sesaat setelah ledakan, polisi menutup jalan dan ambulans bergegas ke tempat kejadian.

Sementara itu, penjaga toko setempat yang bernama Naimo Ali mengatakan ledakan itu besar dan menghancurkan sebagian tokonya.

"Saya melihat beberapa orang berhampuran dan beberapa di antara mereka hanya diam,' ujar Ali.

Berdasarkan informasi dari aparat keamanan, mobil kedua yang bermuatan bahan peledak ditemukan oleh aparat keamanan di sebuah pos pemeriksaan. Lalu mereka melepaskan tembakan dan membunuh seorang pria di dalam mobil, dan kemudian mobil meledak. Tidak ada korban dalam ledakan itu.