Selasa, 11 Juni 2019 18:14

Mengurangi Asupan Garam Bisa Mencegah Jutaan Kematian Dini

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

Penelitian telah menemukan tiga hal yang dapat mencegah hampir 100 juta kematian dini, yaitu mengobati tekanan darah tinggi, mengurangi garam dan lemak trans.

RAKYATKU.COM - Penelitian telah menemukan tiga hal yang dapat mencegah hampir 100 juta kematian dini, yaitu mengobati tekanan darah tinggi, mengurangi garam dan lemak trans.

Menurut tim di Universitas Harvard, tiga intervensi ini dapat memangkas jumlah orang yang kehilangan nyawa lebih awal karena penyakit kardiovaskular (CVD) selama 20 tahun ke depan.

Garam dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan seperti kue berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, faktor risiko utama untuk CVD. 

Para peneliti memperkirakan bahwa mengobati tekanan darah pada 70 persen populasi akan menyelamatkan 39,4 juta orang.

Mengurangi asupan garam hingga 30 persen akan mengurangi 40 juta kematian. Dan menghilangkan lemak trans, yang ditemukan dalam margarin dan makanan yang digoreng dengan lemak nabati, dapat menyelamatkan nyawa 14,8 juta orang lainnya dari kematian.

Jika digabungkan, maka ketiga langkah itu dapat mencegah kematian dini hingga 94,2 juta.

Menulis di jurnal Circulation, para ilmuwan mengklaim bahwa langkah-langkah itu terjangkau, bahkan jika mereka membutuhkan upaya skala besar untuk diimplementasikan. 

Di seluruh dunia, CVD menyebabkan sekitar 31 persen kematian, dan diperkirakan membunuh 17,9 juta orang setiap tahun.

Penelitian ini menggunakan data global dari berbagai penelitian dan perkiraan dari Organisasi Kesehatan Dunia.