Selasa, 11 Juni 2019 06:00

Vacuum Challenge, Tantangan Viral yang Sangat Berbahaya Itu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vacuum Challenge. (Foto: India TV)
Vacuum Challenge. (Foto: India TV)

Tantangan atau challenge banyak tersebar di media sosial dan bisa diikuti siapa pun, baik yang bermanfaat atau justru membahayakan.

RAKYATKU.COM - Tantangan atau challenge banyak tersebar di media sosial dan bisa diikuti siapa pun, baik yang bermanfaat atau justru membahayakan. 

Kini muncul tantangan yang berbahaya bernama "vacuum challenge" atau "trash bag challenge".

Banyak video muncul yang menunjukkan orang mengikuti challenge itu dengan masuk ke dalam trash bag atau kantung plastik hitam besar. Orang lain kemudian menyedot kantung itu dengan vacuum cleaner atau penyedot debu hingga membungkus tubuh sangat ketat.

Para ahli menegaskan challenge itu sangat berbahaya. Tantangan itu dapat menyebabkan hipoksia serebral, yaitu kondisi berkurangnya pasokan oksigen ke otak, meskipun darah masih tetap mengalir.

"Sel-sel otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan dapat mulai mati dalam waktu lima menit setelah pasokan oksigen terputus," kata lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke dikutip NY Post.

Selain vacuum challenge, hipoksia serebral juga bisa terjadi karena olahraga berat seperti tinju, menyelam, sepak bola, dan mendaki gunung.