Selasa, 04 Juni 2019 05:07

5 Tips Packing Agar Koper Lebih Ringan Saat Mudik

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
5 Tips Packing Agar Koper Lebih Ringan Saat Mudik

Jangan sampai barang bawaan Anda justru membuat perjalanan mudik tidak nyaman. 

RAKYATKU.COM - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, berkumpul bersama keluarga di akmpung halaman tentunya menjadi harapan para perantau. Namun, jangan sampai barang bawaan Anda justru membuat perjalanan mudik tidak nyaman. 

Pastikan perjalanan mudik tetap nyaman tanpa harus membawa barang berlebihan. Berikut tips packing agar koper terasa lebih ringan seperti yang dilansir dari Wollipop:

1. Gulung pakaian
Pertama pilihlah pakaian yang travel-friendly. Tak cuma yang nyaman dikenakan, tapi juga pakaian yang tak cepat kusut walau digulung. Kemudian gulung pakaian serapi mungkin agar tersisa ruang untuk menampung barang yang wajib lainnya di dalam satu koper saja. 

Rayon, katun dan linen merupakan bahan pakaian yang nyaman dan ringan tapi mudah kusut sehingga kamu mungkin perlu membawa setrika atau steamer portable ketika akan dipakai di tempat tujuan. Sebaiknya pilih pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut. Seperti polyester, jersey atau campuran katun-polyester. 

2. Tinggalkan barang yang bisa dipinjam
Tak perlu membawa barang yang sifatnya bisa kamu pinjam dari teman seperjalanan atau anggota keluarga. Seperti hair dryer, payung atau peralatan mandi dalam ukuran besar. 

3. Bawa barang-barang sample
Jika bepergian sendirian atau tidak ada orang yang bisa diandalkan untuk dipinjam barangnya, bawalah kosmetik atau toiletries berukuran kecil. Selain menuangnya di botol traveling kit, kamu juga bisa memanfaatkan produk-produk sample yang biasanya dikemas dalam ukuran kecil. Seperti make up, produk perawatan kulit, pasta gigi mini atau shampo/sabun sachet. Dengan begitu, beban koper yang harus kamu bawa jadi berkurang.

4. Bawa kantung belanja
Mudik atau liburan tanpa belanja dan beli oleh-oleh? Rasanya tidak mungkin bagi wanita. Jika menurut kamu akan pulang ke rumah dengan barang bawaan yang lebih banyak, kemaslah tas atau kantung belanja besar yang terbuat dari kain. Memang sedikit menambah beban dalam koper, namun akan sangat membantu jika selama dalam perjalanan kamu belanja banyak atau membeli souvenir khas untuk oleh-oleh. 

5. Pakai baju yang paling berat saat traveling
Apabila mudik atau liburan ke tempat berhawa dingin, kamu tentu akan membawa pakaian berbahan berat seperti coat dari wool, sweater, jaket kulit, boots atau denim. Jangan ragu untuk memakainya ketika akan berangkat karena akan membantu membuat barang bawaan jadi lebih ringan. Kenakan juga pakaian secara double. Misalnya sweater untuk dalaman dan jaket sebagai luaran.