Kamis, 30 Mei 2019 17:20

Tim JKPD Pantau Keamanan Pangan di BantaengĀ 

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) melakukan pengawasan bahan makanan di Pasar Bantaeng.
Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) melakukan pengawasan bahan makanan di Pasar Bantaeng.

Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Kesehatan, Pertanian, Perikanan, Perdagangan, Satpol PP, Polres dan Kodim melakukan pemantauan bahan makanan di sej

RAKYATKU.COM, BANTAENG -- Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Kesehatan, Pertanian, Perikanan, Perdagangan, Satpol PP, Polres dan Kodim melakukan pemantauan bahan makanan di sejumlah titik di Bantaeng.Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan bahan makanan di Bantaeng dalam kondisi aman. 

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng, Asniati Ninra mengatakan, pengawasan keamanan pangan ini dilakukan untuk memastikan warga Bantaeng mengkonsumsi bahan makanan yang aman.

Dia mengatakan, hal itu perlu dilakukan khususnya dalam bulan Ramadhan."Pada masa ini, segala kebutuhan dapur tersedia banyak di pasar-pasar seperti jajanan dengan aneka cendol untuk menu saat berbuka puasa, sayuran, buah, ikan dan ayam pedaging," jelas dia. 

Dia mengatakan, sasaran pengawasan ini adalah produk pangan segar asal tumbuhan dan hewan. Selain itu, pangan olahan yang banyak beredar di pasar tersebut. 

"Proses pengawasan berlangsung di mana masing-masing anggota melaksanakan tugas sesuai fungsi teknisnya," jelas dia. 

 

Dari hasil pengawasan untuk Produk Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan Pangan Segar Asal Hewan tidak ditemukan permasalahan. Sedangkan pada produk olahan seperti cendol dan sejenisnya ditemukan produk dengan warna yang mencolok sehingga muncul pra duga menggunakan zat pewarna yang tidak sesuai peruntukannya."Adapun langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi langsung di lokasi," jelas dia. 

Tim JKPD juga mengimbau kepada para konsumen agar lebih cerdas dalam memilih produk pangan.  Konsumen sebaiknya menelusuri kandungan produk yang akan dibeli sehingga produk tersebut dipastikan aman dikonsumsi.

Sponsored by advertnative