Minggu, 19 Mei 2019 17:20

Minta Pasien Lepas Cadar Saat Konsultasi, Dokter Ini Diperiksa Pengawas

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
dr Keith Wolverson
dr Keith Wolverson

Seorang dokter umum di Inggris, mengungkapkan rencananya untuk berhenti berpraktik. Itu setelah dia diperiksa oleh pengawas dokter atas laporan 'mendiskriminasi' seorang wanita Muslim, karena memintan

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Seorang dokter umum di Inggris, mengungkapkan rencananya untuk berhenti berpraktik. Itu setelah dia diperiksa oleh pengawas dokter atas laporan 'mendiskriminasi' seorang wanita Muslim, karena memintanya untuk melepaskan cadarnya.

Dr Keith Wolverson mengaku, dia dengan sopan meminta wanita itu melepas cadarnya, demi alasan keselamatan pasien selama konsultasi tahun lalu. Pasalnya, dia tidak dapat mendengar penjelasannya mengenai gejala sakit putrinya.

Dia kemudian sangat kesal, ketika minggu lalu dia menerima surat dari Dewan Medis Umum, regulator profesional, yang memberitahukan kepadanya bahwa dia menjadi subjek penyelidikan atas tuduhan diskriminasi rasial.

Semalam, Dr Wolverson, yang telah berpraktik sebagai dokter umum selama 23 tahun dan memiliki catatan yang tidak bercela, mengatakan, terlepas dari hasil investigasi, dia kini rencanakan untuk meninggalkan pekerjaannya.

“Saya merasa ketidakadilan besar telah terjadi. Inilah sebabnya mengapa Anda menunggu begitu lama untuk melihat dokter Anda pergi berbondong-bondong. Negara ini tidak akan memiliki dokter lagi jika kita terus memperlakukan mereka dengan cara ini. Saya sangat sedih," ungkapnya.

“Upaya seorang dokter untuk melakukan konsultasi terbaik demi keselamatan pasien, telah disalahartikan secara mendua untuk menyatakan telah ada tindakan rasisme yang dilakukan. Saya benar-benar tidak lagi ingin menjadi dokter," tambahnya.

Dr Wolverson memaparkan, wanita Muslim itu membawa putrinya, berusia sepuluh atau 11 tahun, untuk menemuinya di sebuah walk-in center di Rumah Sakit Universitas Royal Stoke di Stoke-on-Trent, Staffordshire, Juni 2018 lalu.

Sang ibu berkata, bahwa dia khawatir anak itu menderita tonsilitis.

Tetapi dokter umum berusia 52 tahun itu berjuang untuk mendengar cerita ibu tentang masalah kesehatan gadis itu, karena pernyataannya dikaburkan oleh cadarnya - pakaian yang dikenakan oleh beberapa wanita Muslim yang menutupi tubuh dan wajah terpisah dari mata.

Dokter mengatakan, dia dengan sopan meminta wanita itu untuk melepaskan cadar yang menutupi wajahnya, sehingga dia bisa yakin apa yang dikatakannya.

"Saya bertanya kepadanya, bisakah Anda melepaskan cadar Anda, karena itu membuat komunikasi sangat sulit," Dr. Wolverson menjelaskan. “Biasanya masalah ini tidak muncul, karena pasien secara otomatis melakukannya."

"Orang akan berpikir bahwa orang tua mana pun akan sepenuhnya mendukung dan bersyukur, bahwa seorang dokter berusaha untuk merawat anak mereka dengan aman," tambahnya.

Menurut Dr Wolverson, ibu itu memenuhi permintaannya, tanpa mengajukan keberatan.

Tetapi setengah jam setelah konsultasi, suaminya tiba dan menyatakan bahwa dia mengajukan keluhan tentang perilaku dokter umum.

"Dia duduk di luar ruang konsultasi saya dan mengancam melakukan kontak mata terhadap saya setiap kali saya pergi menjemput setiap pasien," kata Dr Wolverson. "Dia kemudian mengajukan keluhan resmi dan saya dicegah untuk bekerja di walk-in center lagi."

Sejak itu muncul bahwa bos NHS mengirim formulir GMC menguraikan keluhan. Dikatakan wanita itu mengatakan kepada dokter bahwa dia tidak ingin melepas jilbab dengan alasan agama, tetapi dokter itu menolak untuk melanjutkan konsultasi kecuali dia melakukannya.

Dikatakan bahwa dia 'kasar' dan 'memberinya tampang kotor', membuatnya terkejut dan menangis. Dia mengatakan dia merasa 'menjadi korban dan didiskriminasi ras'.

Joyce Robins, dari Asosiasi Pasien, mengatakan kehilangan dokter karena masalah ini adalah kriminalisasi. 

"Seorang dokter harus peka terhadap agama pasien, tetapi keselamatan harus selalu didahulukan," tambahnya.

Seorang juru bicara untuk The Doctors Association UK mengatakan, sangat penting keinginan religius pasien dihormati. Namun, jelas ada beberapa keadaan di mana pengangkatan cadar atau burka diperlukan untuk penilaian dan perawatan medis.

"GMC harus mempertimbangkan mengeluarkan pedoman yang jelas untuk melindungi dokter dan pasien kita," tambahnya.

Juru kampanye hak asasi manusia Aisha Ali-Khan mentweet: "Saya tidak percaya [seorang] dokter harus dituntut karena melakukan pekerjaannya *tetapi* dia seharusnya meminta pihak ketiga wanita untuk membantu, atau meminta pasien untuk menuliskan keluhan medisnya."