Minggu, 12 Mei 2019 18:43

Aktor "Si Kabayan dan Gadis Kota" Rudy Djamil Meninggal Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudy Djamil semasa hidup. (Foto: Newsmusik)
Rudy Djamil semasa hidup. (Foto: Newsmusik)

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor sekaligus komedian Rudy Djamil meninggal dunia, Minggu (12/5/2019), di Rumah Sakit Al-Islam.

RAKYATKU.COM - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor sekaligus komedian Rudy Djamil meninggal dunia, Minggu (12/5/2019), di Rumah Sakit Al-Islam, Bandung, Jawa Barat.

Rudy dikabarkan menderita sakit tulang belakang. Penyakit tersebut diidapnya sejak 2018. Menurut Aceng Abdullah yang merupakan sama-sama alumni FIKOM Unpad dengan Rudy, sang aktor dikabarkan menderita stroke.

"Iya, sakit sudahnya lama. Lama itu, di rumah sakitnya," ucapnya dikutip Kumparan, Minggu (12/5/2019).

Rudy Djamil lahir di Tanjung, Jawa Tengah, pada 12 Agustus 1946. Rudy satu angkatan dengan Aom Kusman dan Kang Ibing. 

Rudy juga aktif di Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) dan sering ditunjuk untuk menjadi MC.

Rudy juga sempat menjadi penyiar radio Prambos di Jakarta pada era 70-an. Dia juga bersahabat dengan Virgiawan Listanto yang kini dikenal dengan nama Iwan Fals.

Rudy sempat bermain dalam beberapa film, seperti "Si Kabayan dan Gadis Kota" (1989). Rudy berperan sebagai sahabat Si Kabayan yang bernama Joni Kemod di film itu. Rudy juga tampil dalam sinetron Angkot Haji Imron (1996) dan Ujang & Aceng (1996).

Jenazah Rudy disemayamkan kediamannya di kawasan Rancabolang, Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat. Belum diketahui kapan jenazah Rudy akan dikebumikan, begitu juga lokasi pemakamannya.