Minggu, 12 Mei 2019 15:26

"On Habis Tarawih", di Daerah Ini PSK Tetap Bisa Operasi selama Ramadan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Lokalisasi prostitusi Pasar Kembang (Sarkem) Yogyakarta tetap beroperasi selama Ramadan 1440 hijriah. Ada ketentuan yang telah disepakati bersama.

RAKYATKU.COM, YOGYAKARTA - Lokalisasi prostitusi Pasar Kembang (Sarkem) Yogyakarta tetap beroperasi selama Ramadan 1440 hijriah. Ada ketentuan yang telah disepakati bersama.

Perhimpunan Perempuan Perempuan Pekerja Seks Yogyakarta (P3SY) sebelum Ramadan telah berembuk bersama kelompok kerja, paguyuban pedagang, serta stakeholder setempat.

Keputusan yang disepakati, Pekerja Seks Komersial (PSK) hanya diperbolehkan menerima tamu setelah salat tarawih.

"Kalau di bulan puasa, mereka (PSK) on dari habis Isya dan sudah di lokasi. Kalau bulan puasa mereka on habis Tarawih,” kata Ketua P3SY, Nia V, dikutip Suara.com, Minggu (12/5/2019).

Keputusan itu sempat mendapat keluhan dari sebagian PSK. Mereka menganggap waktu beroperasi setelah umat muslim menjalankan salat tarawih akan mengurangi pendapatan.

Mereka yang awalnya protes akhirnya setuju dan menilai hal ini lebih baik daripada menutup secara total kegiatan prostitusi, yang akan berdampak pada mata pencaharian PSK untuk bertahan hidup.

"Kembali lagi, rezeki kan tetap Tuhan yang atur. Tapi ya, ada banyak yang mengeluh juga untuk penghasilannya menurun di bulan puasa," katanya.