Jumat, 10 Mei 2019 14:31

Samakan Bayi Meghan Markle dengan Simpanse, Penyiar Radio BBC Dipecat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Chris Allerton/Sussex Royal.
Foto: Chris Allerton/Sussex Royal.

Penyiar radio BBC dipecat. Danny Baker, sang penyiar, dianggap menghina bayi baru di kerajaan Inggris, yakni putra Pangeran Harry dan Meghan Markle.

RAKYATKU.COM - Penyiar radio BBC dipecat karena cuitannya di Twitter. Danny Baker, sang penyiar, dianggap menghina bayi baru di kerajaan Inggris, yakni putra Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Dilansir CNN, Jumat (10/5/2019), melalui cuitan yang diunggah pada Rabu (8/5/2019, presenter berita BBC Radio 5 Live itu menulis, “Royal baby leaves hospital (Bayi kerajaan meninggalkan rumah sakit)". Cuitan itu disertai foto hitam putih lelaki dan perempuan yang berpegangan tangan bersama simpanse dalam setelan coat dan topi.

Cuitan itu langsung menulai komentar dari warganet. Di tengah serangan warganet, Danny Baker langsung menghapusnya dan mengunggah cuitan baru untuk mengklarifikasi unggahan sebelumnya.

Ia menyatakan cuitan itu hanya lelucon. Danny Baker beralasan ada konotasi yang keliru dari unggahan itu. Dalam pesan kedua, ia mengatakan cuitan itu seharusnya menjadi lelucon tentang Royals vs hewan sirkus dalam pakaian mewah. 

Sayang, malah diartikan sebagai monyet dan rasis. Jadi dia harus menghapus unggahan itu.

Sehari berselang, Baker menyatakan telah melakukan kesalahan besar. Juru bicara BBC, tempatnya bekerja juga menyampaikan hal yang sama sekaligus mengumumkan pemecatan Baker.

“Ini adalah kesalahan serius dan bertentangan dengan nilai-nilai yang ingin kami wujudkan sebagai media berita. Danny adalah penyiar yang brilian, tetapi kini tidak akan lagi hadir setiap pekan untuk mengudara menyapa pendengar bersama kami.”

Barker kemudian memberikan tanggapan lewat Twitter. Ia merasa telah "dibuang" oleh media tempatnya bekerja.

Pangeran Harry dan Duchess of Sussex dikaruniai anak pertama pada Senin pagi (6/5/2019). Bayi yang diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor diperkenalkan ke publik pada Rabu pagi (8/5/2019).