Kamis, 09 Mei 2019 18:17

Barcelona Pecat Valverde, Bos Ajax Amsterdam Penggantinya?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ernesto Valverde. (Foto: Getty Images)
Ernesto Valverde. (Foto: Getty Images)

Kegagalan Barcelona di Liga Champions bisa berdampak pada kelanjutan nasib Ernesto Valverde. Sang pelatih diyakini tidak akan selamat dari pemecatan klub.

RAKYATKU.COM, BARCELONA - Kegagalan Barcelona di Liga Champions bisa berdampak pada kelanjutan nasib Ernesto Valverde. Sang pelatih diyakini tidak akan selamat dari pemecatan klub Catalan.

Barca membuang keunggulan 3-0 di semifinal leg pertama untuk tersingkir usai dikalahkan Liverpool 0-4 (agregat 3-4) pada leg kedua. Hasil itu seperti mengulang kekalahan musim sebelumnya saat mereka didepak AS Roma pada perempat final sudah menang 4-1 di leg pertama.

Gagal di Eropa, Barcelona sesungguhnya masih bisa mengantongi dua trofi di akhir musim 2018/2019 setelah mengunci gelar juara Liga Spanyol dan lolos ke final Copa del Rey. 

Akan tetapi, posisi Valverde sebagai pelatih Barca dalam ancaman pencopotan serius.

Marca menyebut, masa depan Valverde kini diragukan. Padahal sang pelatih masih memiliki sisa kontrak sampai 2020.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu diklaim sudah punya daftar nama-nama pelatih yang berpotensi menggantikan Valverde. 

Bos Ajax Erik ten Hag diyakini menjadi pilihan pertama usai berhasil memaksimalkan pemain-pemain mudanya untuk mencapai semifinal Liga Champions.

Ten Hag memungkinkan untuk memudahkan adaptasi Frenkie de Jong yang akan bergabung dari Ajax ke Barcelona musim depan.

Selanjutnya ada Laurent Blanc. Blanc belum melatih lagi setelah meninggalkan Paris Saint-Germain pada 2016.

Pelatih Real Betis Quique Setien, menurut laporan Fox Sports, juga masuk kandidat. Entrenador berusia 60 tahun itu berhasil mengantar Betis ke Liga Europa musim lalu.