Sabtu, 13 April 2019 22:00

Inilah Lima Profesi Paling Dibutuhkan di Perusahan Startup

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Inilah Lima Profesi Paling Dibutuhkan di Perusahan Startup

Bekerja di sebuah perusahaan startup menjadi sebuah pilihan karier yang semakin banyak diminati oleh fresh graduate di Indonesia. Tapi, bekerja di perusahaan startup memang tak mudah.

RAKYATKU.COM --- Bidang startup menjadi salah satu bidang yang paling diminati saat ini. Bekerja di sebuah perusahaan startup menjadi sebuah pilihan karier yang semakin banyak diminati oleh fresh graduate di Indonesia. Tapi, bekerja di perusahaan startup memang tak mudah.

Sektor ini memerlukan beragam keahlian untuk menunjang kegiatan perusahan. Lalu, apa saja keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan startup di Indonesia?

Dikutip dari Karir.com, ada lima profesi yang diperlukan untuk perusahaan startup. Berikut ini adalah profesi yang paling dibutuhkan untuk perusahaan startup. 

1. Data Analyst 

Kebutuhan terhadap data analyst sangat penting dalam perusahaan startup. Perubahan teknologi, ekonomi, dan gaya hidup yang cepat membuat perusahaan memerlukan data yang tepat dan akurat untuk membuat strategi.

Seorang analis data memastikan data mana yang berpengaruh terhadap bisnis perusahaan. Di posisi ini, kamu dituntut untuk memahami statistik, database programming, dan pemodelan data.

2. Digital Marketing 

Digital marketing juga merupakan profesi yang sangat dibutuhkan. Di posisi, seorang digital marketer dibutuhkan untuk mengiklankan produk atau layanan dalam proses akuisisi customer.

Digital marketer bisa dibilang cukup kompleks. Hal itu karena mencakup berbagai kemampuan, mulai dari analisis pasar, pemahaman tools iklan, dan statistik.

3. Programer 

Pekerjaan ini memang bukan sebuah profesi yang baru. Tapi, dengan munculnya lebih banyak platform pemrograman, seorang programmer dituntut mampu menguasai platform-platform baru tersebut.

Kemampuan programming yang saat ini banyak dibutuhkan berada di mobile programming atau aplikasi. IT security juga cukup banyak dicari perusahaan.

4. Multimedia Desainer 

Keterampilan desain juga banyak diperlukan oleh perusahaan startup. Pekerjaan ini bertugas di bagian user interface atau membuat materi desain lainnya.

Keahlian utama yang diperlukan desainer adalah penguasaan software desain, dasar pemrograman web atau mobile, serta selera yang baik untuk merancang tampilan produk.

5. Sales 

Kalau startup sudah punya produk atau layanan, tahap berikutnya adalah menjual layanan kepada konsumen. Posisi sales diperlukan untuk mendapatkan revenue dari produk dan layanannya.

Tanpa sales tentu akan sulit bagi perusahaan startup untuk mendapatkan pemasukan. Bagian ini menjadi yang terbuka untuk di perusahaan startup.