Sabtu, 30 Maret 2019 14:29

Mbappe Berharga Rp4,5 Triliun? Messi, Neymar, Ronaldo Saja Tak Pantas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kylian Mbappe. (Foto: Sport English)
Kylian Mbappe. (Foto: Sport English)

Klub peminat megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, kabarnya harus merogoh kocek 280 juta euro atau setara Rp4,5 triliun.

RAKYATKU.COM - Klub peminat megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, kabarnya harus merogoh kocek 280 juta euro atau setara Rp4,5 triliun. Nilai yang dianggap terlampau mahal untuk seorang pemain.

Mbappe memang jadi incaran klub-klub besar. Paling getol adalah Real Madrid usai kehilangan Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus pada musim panas 2018. 

Meski usianya baru 20 tahun, pesepak bola Prancis itu memperlihatkan kematangan usai membawa negaranya memenangi Piala Dunia 2018 dan tampil konsisten bersama PSG.

Sejak didatangkan dari AS Monaco dua tahun lalu, Mbappe sukses membukukan 52 gol dan 30 assist dalam 79 penampilan bersama tim Kota Paris. 

Khusus musim ini, Mbappe telah mencetak 26 gol dan 8 assist menandai kontribusinya untuk PSG di seluruh kompetisi.

Performa bagus plus usia yang masih muda melambungkan harga Mbappe. Akan tetapi, legenda sepak bola Brasil, Rivaldo, menganggap tidak ada pemain yang pantas dihargai Rp4,5 triliun.

"Belakangan ini saya membaca koran-koran Prancis bahwa transfer Mbappe bisa membutuhkan biaya 280 juta euro. Uang sebanyak itu untuk pemain manapun adalah berlebihan," kata eks penggawa Barcelona ini kepada Betfair dikutip AS.

"Sekalipun (Lionel) Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar tidak pantas dihargai 280 juta euro," sambung Rivaldo.

"Saya bukannya mempertanyakan bakat dia sebagai seorang pesepak bola. Saya cuma mengatakan bahwa tidak ada pemain yang sepadan dengan investasi sebesar itu. Namun, hukum bursa ya begitulah dan klub-klub dengan potensi finansial yang besar menuruti demi mendapatkan para pemain terbaik di timnya."

"Hal itu sudah jelas terjadi dengan Real Madrid di musim depan setelah kehilangan kualitas dengan kepergian Cristiano Ronaldo."