Minggu, 17 Maret 2019 07:00

Jewel Airport, Pesaing Baru Bandara Changi 

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jewel Airport, Pesaing Baru Bandara Changi 

Bandara Changi di Singapura bisa saja menjadi bandara terbaik di dunia. Tetapi, tahun ini bandara itu bakal mendapat saingan baru. Namanya Jewel Airport.

RAKYATKU.COM --- Bandara Changi di Singapura bisa saja menjadi bandara terbaik di dunia. Tetapi, tahun ini bandara itu bakal mendapat saingan baru. Namanya Jewel Airport. 

Letak bandara ini tidak jauh dari Changi. Jewel Airport adalah perluasan area dari Bandara Internasional Changi di Singapura. Rencananya, Jewel Airport akan dioperasikan pada 17 April mendatang. 

Dinamakan jewel-atau dalam bahasa Indonesia berarti permata, area baru ini memang dibangun menyerupai permata yang diwujudkan dengan dinding serba kaca. 

Bandara Jewel Changi nantinya akan terhubung dengan tiga terminal di Bandara Internasional Changi. Dirancang oleh Moshe Safdie, bandara seluas 130 meter persegi ini tak hanya mewah namun juga dirancang serba teduh.

Total biaya pembangunannya kurang lebih US$1,25 miliar (sekitar Rp17,8 triliun). Sama seperti "kakaknya," gedung bandara sepuluh lantai ini juga akan menjadi pusat wisata kuliner dan belanja bagi para penumpang pesawat. 

Jangan lupa juga untuk melihat air terjun di dalam ruangan setinggi 40 meter yang dinamakan Rain Vortex.

"Saya ingin melakukan eksplorasi terhadap ruang publik, ruang yang mau tidak mau harus dikunjungi. Eksplorasi ini berupa mengubah persepsi mengenai ruang tunggu, tempat belanja dan taman di dalam ruangan," kata Safdie.

"Saya rasa perusahaan kami bisa menang karena perusahaan arsitektur lainnya mencoba membuat bandara yang serupa mal. Ini berbeda. Bangunan ini memberi pengalaman baru untuk pengunjungnya," lanjutnya.

Setelah resmi beroperasi, banyak yang memperkirakan Bandara Jewel Changi bakal merebut predikat bandara terbaik di dunia, yang selama ini diberikan kepada Bandara Internasional Changi.

Saat ini Bandara Internasional Changi menjadi bandara internasional tersibuk ke-tujuh di dunia. Sepanjang tahun lalu sebanyak 65,6 juta orang mengunjungi bandara ini untuk terbang dari empat terminalnya.