Senin, 11 Maret 2019 08:00

Tanda-Tanda Tubuh Anda Sudah Kelebihan Gula 

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Gula merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya tidak akan memberikan manfaat apa pun untuk kesehatan. 

RAKYATKU.COM - Gula merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya tidak akan memberikan manfaat apa pun untuk kesehatan. 

Salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan konsumsi gula tinggi adalah diabetes mellitus. Pada diabetes mellitus, pankreas mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. 

Bila tidak diatasi dengan baik, diabetes mellitus ini dapat memicu berbagai komplikasi pada organ lain. Mulai dari mata, jantung, hingga ginjal.

Untuk itu, mulai sekarang batasilah konsumsi gula Anda. Menurut American Heart Association, batasan konsumsi gula tambahan bagi pria adalah 36 gram atau setara 9 sendok teh, sementara bagi wanita 24 gram atau setara 6 sendok teh.

Jika Anda belum yakin apakah Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi gula atau tidak, mungkin bisa mengamati tanda-tanda berikut ini. Bila Anda mengalami beberapa di antaranya atau bahkan semuanya, bisa jadi tubuh Anda sudah kelebihan gula.  

1. Berat badan tidak ideal

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa meningkatkan berat badan secara signifikan. Jika dibiarkan terus-menerus, Anda dapat terkena obesitas yang kemudian memicu berbagai gangguan metabolik. Salah satunya adalah penyakit diabetes mellitus.

Saat telah mengalami diabetes mellitus, berat badan bisa mendadak turun drastis tanpa sebab yang jelas padahal Anda makan cukup banyak. Hal ini terjadi karena kadar insulin tidak mampu memetabolisme glukosa, sehingga tubuh beralih ke pembakaran lemak untuk mempertahankan metabolisme sel.

2. Merasa haus terus dan mulut kering

Orang yang mengonsumsi gula terlalu banyak akan merasa haus walaupun sudah sering minum. Mulut juga terasa kering dan sering ke toilet untuk buang air kecil.

Hal itu dikarenakan fungsi ginjal Anda terganggu sesaat setelah tubuh tak mampu mengendalikan gula darah. Cairan yang seharusnya diserap kembali oleh ginjal, justru keluar bersama gula. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda kekurangan cairan dan sering buang air kecil.

3. Cepat lelah dan sulit konsentrasi

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi sumber energi apabila jumlahnya wajar. Jika jumlah gula yang dikonsumsi berlebihan, maka akan merusak kerja insulin sehingga tidak dapat mengubahnya menjadi energi.

Otak membutuhkan glukosa agar bisa berfungsi dengan baik, yaitu sebesar 25% dari total kebutuhan tubuh. Nah, ketika glukosa yang berlebih tidak dapat dijadikan energi, maka otak yang paling terkena dampaknya. Anda pun bisa cepat lelah dan sulit berkonsentrasi.

4. Wajah mudah berjerawat

Apa hubungannya jerawat dan konsumsi gula? Sangat berhubungan! Kelebihan gula dapat memicu ketidakseimbangan hormon, yang akan memudahkan munculnya jerawat.

Hal itu karena asupan tinggi gula dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin secara cepat. Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan produksi minyak dan peradangan, yang semuanya memainkan peran dalam munculnya jerawat.

5. Mood swing

Jika Anda sering mudah marah dan bad mood tanpa sebab yang jelas, bisa jadi Anda terlalu banyak mengonsumsi gula. Anda pernah dengar mengenai sugar crash? Ketika gula darah naik lalu turun dengan cepat akibat konsumsi gula, ternyata kondisi ini bisa menyebabkan lemas, perubahan suasana hati, dan brain fog. 

Selain itu, dilansir laman Klikdokter, kelebihan konsumsi gula juga dianggap dapat memperburuk gejala kecemasan dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatasi stres.

6. Penglihatan kabur

Salah satu organ yang terkena dampak ketika glukosa tidak mampu didistribusikan adalah organ mata. Akibatnya, Anda bisa mengalami keluhan pandangan kabur.

Di sisi lain, hubungan antara diabetes dan gangguan mata memang ada. Retinopati diabetik merupakan kelainan mata yang paling sering terjadi pada orang dengan diabetes. Pada kondisi ini, retina mengalami kelainan berupa munculnya bercak-bercak perdarahan. Hal ini membuat kemampuan mata untuk melihat akan menurun secara perlahan.

7. Kecanduan makanan dan minuman manis

Penelitian menunjukkan bahwa gula bisa bikin kecanduan layaknya narkoba. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula akan terbiasa dengan rasa yang manis, sehingga selalu menginginkannya bahkan hingga ketagihan.