Selasa, 05 Maret 2019 17:15

Jadi Contoh, Bupati Gowa ke Mana-mana Selalu Bawa Tumbler

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menjadi contoh bagi ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengurangi pemakaian sampah botol.

RAKYATKU.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menjadi contoh bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengurangi pemakaian sampah botol plastik.

Contoh baik tersebut Adnan perlihatkan dengan menggunakan tumbler atau botol air minum isi ulang ke mana pun. Adnan tak henti-hentinya mengajak kepada seluruh jajarannya dan masyarakat menggunakan tumbler untuk minum sehari-hari.

Dari pantauan Rakyatku.com, tumbler milik Adnan tersebut memiliki model sport dan modern. 

Dilihat dari warna, tumbler milik Adnan mempunyai dua warna berbeda yakni hitam dan biru. Warna hitam pada tumbler miliknya merupakan warna dari bagian botol plastik tersebut.

Sedangkan warna biru merupakan penghias dari tumbler. Warna biru itu terdapat di tubuh tumbler dengan ukuran yang agak lebar sedangkan di bagian penutupnya juga terdapat garis warna biru.

Untuk memudahkan Adnan memegang tumbler miliknya saat minum, warna biru pada tubuh tumbler miliknya tersebut terbuat dari karet sehingga mengurangi potensi tumbler tersebut jatuh.

Tumbler dinilai sangat efektif untuk mengurangi pemakaian sampah plastik bekas air mineral di Kabupaten Gowa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa, Marzuki M, mengajak masyarakat untuk beralih ke tumbler untuk minum sehari-hari. Selain mengurangi sampah plastik, pengunaan botol isi ulang juga menghemat keuangan.

"Sampah yang dihasilkan Gowa sekitar 136.746 ton per tahun itu berdasarkan dengan jumlah penduduk dan standar nasional. Khusus untuk Kecamatan Somba Opu dengan jumlah penduduk sebanyak 168.231 jiwa, sampah yang harus ditangani sekitar 84 ton per hari," ungkap Marzuki kepada Rakyatku.com di gedung DPRD Gowa, Rabu (27/2/2019) lalu.