Jumat, 01 Maret 2019 22:03

Patung Massa Gowa Rencana Dibongkar Tahun Ini, Adnan: Filosofinya Tidak Baik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Pemerintah Kabupaten Gowa berencana membongkar Patung Massa di Jalan Abdul Muthalib Dg Narang. Pembongkaran rencananya 2019 ini.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa berencana membongkar Patung Massa di Jalan Abdul Muthalib Dg Narang. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan pembongkaran rencananya 2019 ini.

Patung Massa dianggap menceriminkan hal negatif kepada generasi muda, juga seringkali menyebabkan kemacetan. "Kita akan bongkar tahun ini. Mengapa? karena filosofi dari patung tersebut tidak baik," kata Adnan kepada Rakyatku.com, Jumat (1/3/2019).

"Sementara ada SD di sana yang melihat dan memberikan pendidikan kurang baik kepada anak-anak kita dalam penyelesaian masalah," imbuh Adnan.

Jika dilihat pada patung itu, ada dua warga berpakaian biasa, memakai peci sedang mengayunkan benda tajam ke arah pelaku. 

Satunya lagi, diperagakan sebagai hansip yang sedang menghantamkan pentungan ke pelaku yang terduduk sembari mengangkat tangan, seperti meminta ampun.

Banyak versi memang soal makna patung itu. Seperti, terbetik kabar konon ada seseorang yang dimassa atau dikeroyok hingga tewas. 

Pula patung itu sekadar simbolisasi untuk mengenang orang yang telah dikeroyok. Paling menarik, patung itu dibuat untuk menakuti penjahat, jika masuk, maka dia paling tidak akan dikeroyok dan masih banyak lagi.