Kamis, 28 Februari 2019 08:43

Copa del Rey: Patahkan Kutukan Real Madrid, Barcelona Lolos ke Final

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Barcelona lolos ke final Copa del Rey. (Foto: Twitter Barcelona)
Barcelona lolos ke final Copa del Rey. (Foto: Twitter Barcelona)

Barcelona lolos ke final Copa del Rey usai memenangi El Clasico kontra Real Madrid. Barcelona menang telak 3-0.

RAKYATKU.COM, MADRID - Barcelona lolos ke final Copa del Rey usai memenangi El Clasico kontra Real Madrid. Barcelona menang telak 3-0.

Bertandang ke Santiago Bernabeu, Kamis dini hari Wita (28/2/2019), Barcelona sesungguhnya dalam posisi tidak diuntungkan. Real Madrid punya gol tandang menyusul hasil imbang 1-1 pada leg pertama di Camp Nou.

Barcelona sedikit lebih dominan di babak pertama, tetapi Madrid berbahaya dari serangan balik. 45 menit pertama ini berakhir tanpa gol.

Real Madrid sesungguhnya menciptakan sejumlah peluang bagus di babak pertama, tetapi gagal memaksimalkannya. Barcelona yang lebih efisien pun menghukum mereka.

Luis Suarez membawa Barcelona memimpin pada menit ke-50, lalu gol bunuh diri Raphael Varane pada menit ke-69. Pelanggaran Casemiro pada menit ke-73 berujung penalti dan berbuah gol ketiga Barcelona dari kaki Suarez dengan tendangan ala Panenka.

Keunggulan dipertahankan Barcelona sampai laga usai dan memastikan mereka ke final dengan agregat 4-1. Di final, Barcelona akan menghadapi pemenang antara Valencia kontra Real Betis.

Patahkan Kutukan

Pada laga ini, sejarah sebenarnya memihak kepada Real Madrid. Itu dengan melihat Real Madrid dan Barcelona yang sudah dua kali bersua dalam fase semifinal.

Skenario pada dua bentrokan itu sama. Leg pertama berakhir imbang 1-1, kemudian laga kedua dimenangi oleh Real Madrid.

Momen pertama terjadi pada musim 1992-1993. Imbang 1-1 dalam bentrokan pertama di Santiago Bernabeu, Real Madrid mampu memenangi partai kedua di kandang sang rival bebuyutan dengan skor 2-1.

Hal serupa terjadi pada semifinal edisi 2012-2013. Madrid memaksakan hasil 1-1 pada leg pertama di rumah sendiri, kemudian menang 3-1 di Barcelona.

Namun, Barcelona akhirnya mematahkan kutukan itu dengan berhasil lolos ke final.

Susunan pemain:

Real Madrid: Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (c), Raphael Varane, Sergio Reguilon; Toni Kroos, Casemiro (Federico Valverde 75'), Luka Modric; Lucas Vazquez (Gareth Bale 68'), Karim Benzema, Vinicius Junior (Marco Asensio 81')

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Sergio Busquets (Arthur 86'), Ivan Rakitic; Lionel Messi (c), Luis Suarez (Arturo Vidal 78'), Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 75')