Jumat, 22 Februari 2019 23:41

Terduga Teroris Afiliasi Abu Sayyaf Ditangkap saat Polisi Razia Lalu Lintas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror menangkap buronan terduga teroris bernama Triyono Wagimin Atmo, alias Andalus alias Abu Hilwa.

RAKYATKU.COM, TEMANGGUNG - Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror menangkap buronan terduga teroris bernama Triyono Wagimin Atmo, alias Andalus alias Abu Hilwa.

Triyono ditangkap saat polisi melakukan razia lalu lintas di Jalan Lingkar Geneng, Kertosari, Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, Triyono sudah diikuti dan diburu cukup lama oleh Densus 88. Tersangka memiliki rekam jejak cukup banyak dan terafiliasi dengan kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Triyono berencana akan melakukan aksi menyerang polisi di Yogyakarta. "Dari hasil keterangannya yang diberikan kepada penyidik, sedang merencanakan aksi amaliyahnya menyerang Kepolisian yang ada di Yogyakarta," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, dikutip Viva.co.id, Jumat (22/2/2019).

Penyidik Densus 88 Antiteror masih terus mendalami dan memintai keterangan tersangka. Dari pengakuannya, ada tiga orang lain yang hendak membantunya menyerang anggota Polri. Tiga orang itu masih diburu oleh penyidik Densus.

"Dari pengakuannya, ada tiga orang yang membantu untuk melakukan penyerangan atau amaliyah kepada anggota Polri, mengambil senjatanya. Tiga orang ini masih dalam pengejaran Densus 88. Yang jelas, sel tidur sudah dimonitor dan diprofil," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, penyidik Densus juga melakukan penggeledahan di kediamannya di wilayah Yogya.