Sabtu, 23 Februari 2019 03:30

Bisa Cek Kesehatan Jantung Lewat Push Up, Cobalah!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: T Nation.
Foto: T Nation.

WHO mengindikasikan terdapat 17,9 kematian tiap tahunnya karena penyakit kardiovaskular, dan tercatat mengakibatkan 31 persen kematian global. 

RAKYATKU.COM - Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengindikasikan terdapat 17,9 kematian tiap tahunnya karena penyakit kardiovaskular, dan tercatat mengakibatkan 31 persen kematian global. 

Itulah mengapa menjaga kesehatan jantung sangat penting. Selain pola hidup sehat dan pemeriksaan jantung rutin, ternyata cek kesehatan jantung juga bisa lewat olahraga push up.

Menurut hasil studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat, kini dokter dapat memprediksi risiko kardiovaskular lewat kemampuan seseorang beberapa set push-up. 

Hasil temuan yang dipublikasikan dalam jurnal “JAMA Network Open” itu mengindikasikan pria aktif yang mampu melakukan lebih dari 40 push-up punya risiko penyakit kardiovaskular lebih rendah dibanding pria lainnya yang hanya mampu menyelesaikan push-up lebih sedikit.

Lebih jelasnya, partisipan studi yang mampu menyelesaikan 40 kali push up memiliki 96 persen risiko kardiovaskular lebih rendah daripada pria yang hanya bisa menyelesaikan 10 kali push-up atau lebih sedikit.

"Temuan kami menyuguhkan bukti bahwa kemampuan push-up bisa menjadi metode mudah untuk membantu menilai risiko kardiovaskular di hampir semua situasi," kata penulis utama Justin Yang, M.D., seperti dikutip dari Medical News Today.

"Bahkan, secara mengejutkan kapasitas push-up kaitannya lebih besar dengan penyakit kardiovaskular dibanding hasil tes treadmill (submaximal treadmill test)."

Meski demikian, studi ini kelompok usia partisipan sangat terbatas, yaitu pria aktif usia 30-40 tahunan. Temuan ini pun mungkin tak berlaku untuk wanita, pria yang lebih tua atau lebih muda, atau yang kurang aktif secara fisik dibandingkan dengan partisipan.

Meski perlu ada studi lebih lanjut, tetapi ini bisa memotivasi Anda untuk menjaga jantung dengan mencoba menuntaskan 40 kali push-up atau dengan melakukan olahraga lainnya. Tak hanya untuk jantung, olahraga ini juga dapat membentuk dan memperkuat otot trisep dan dada.

Sumber: KlikDokter