Kamis, 21 Februari 2019 14:57

Bangun Sirkuit di NTB, Indonesia Gelar Seri MotoGP 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bangun Sirkuit di NTB, Indonesia Gelar Seri MotoGP 2021

Indonesia akan menjadi tuan rumah seri MotoGP pada 2021 mendatang. Bakal menggunakan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

RAKYATKU.COM - Indonesia akan menjadi tuan rumah seri MotoGP pada 2021 mendatang. Bakal menggunakan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, Abdulbar M Mansoer, mengatakan pihaknya telah teken kontrak dengan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP.

Dorna memberikan kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP mulai musim 2021. Sayangnya, durasi kontrak itu belum bisa dipublikasikan, berikut rencana detailnya.

"Kita tanda tangan kontrak pada Januari dengan Dorna. Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit," ujar Abdulbar dikutip Liputan6.com, Kamis (21/2/2019).

Abdulbar mengatakan, pembangunan sirkuit Mandalika menggandeng perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grands Projects. Mendapatkan pendanaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

"Pendanaan kita dapat, jadi akan dibangun. MotorGP balap motor terbesar di dunia. Penontonnya 400 juta, Indonesia nomor 2 setelah China, penontonnya. Dibangun oleh Vinci, ini kita bangun dari awal. Kalau di negara lain tidak," kata Abdulbar.

Abdulbar yakin pembangunan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu rampung pada 2021. "Kita punya waktu 2 tahun dan semua berharap bisa selesai tepat waktu agar bisa menyelenggarakan balapan pada 2021," tutur Abdulbar.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC akan memulai pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, NTB pada Oktober 2019.