Selasa, 29 Januari 2019 16:28

Revolusi Industri 4.0, Danny: Kalau Indonesia Tidak Siap, Biar Makassar Dulu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny, mengklaim pihaknya mampu menerapkan revolusi industri 4.0 di Kota Daeng.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny, mengklaim pihaknya mampu menerapkan revolusi industri 4.0 (four point zero) di Kota Daeng.

"Dalam statistik dunia, Indonesia dikatakan sebagai salah satu negara yang tidak siap menerapkan 4.0, hanya Malaysia yang siap. Tapi kita tidak boleh menyerah. Kalau memang Indonesia tidak siap, biar Makassar dulu," kata Danny pada saat di temui di Four Point by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Selasa (29/1/2019).

Menurut Danny, Kota Makassar sangat siap untuk menerapkan industri generasi keempat ini. Pasalnya saat ini kota yang pimpinnya itu telah memiliki dasar big data yang sangat kuat.

Selain itu, lanjutnya, Kota Makassar juga sudah memiliki konsep yang dibutuhkan untuk menerapkan revolusi industri 4.0, mulai dari open data hingga sistem dan teknologi kesehatan yang telah diakui di mancanegara.

"Walaupun sisa masa jabatan saya tinggal tiga bulan, tapi saya yakin itu dapat terealisasi. Karena prinsip-prinsip untuk mewujudkan Makassar 4.0 tinggal kita letakkan," ungkapnya.

Makassar juga dianggap sudah memiliki ciri kota revolusi industri 4.0. Apalagi dengan konsep Smart and Sombere City yang telah dilaksanakan sejak awal kepemimpinannya.

"Revolusi industri 4.0 akan menjadi tantangan kita. Karena era inteligensi dan teknologi informasi itu harus menjadi bagian yang akan kita rangkai menjadi satu sistem untuk memajukan Makassar kedepannya," pungkasnya.