Selasa, 29 Januari 2019 15:33

Mitigasi Banjir, Wali Kota Makassar Berikan PR untuk Pengembang Perumahan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, memberikan peringatan kepada para pengembang perumahan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pascabanjir melanda sebagian wilayah Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, memberikan peringatan kepada para pengembang perumahan.

Wali kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu memberi "pekerjaan rumah" kepada para pengembang perumhan di Kota Makassar untuk memperbaiki aliran air di lingkungan perumahan.

"Saya sudah peringati itu perumahan-perumahan. Buatkan pipa saluran air untuk pembuangan dari dalam perumahan. Agar air tidak menggenangi titik-titik yang rendah," ujar Danny, Selasa (29/1/2019).

Danny tak menampik banjir di Kota Makassar sebagian besar disebabkan oleh tidak tersalurkannnya air dengan baik, sehingga menimbulkan genangan.

"Jangan bangun perumnnas di dekat wilayah aliran air. Perumnas ini kewenangan buatkan kanal terusan kita supaya limpahan Sungai Jeneberang langsung ke Sungai Tallo. Tolong muara sungai Tallo dikeruk. Terakhir saya mohon ban karet di Jeneberang tolong diperbaiki. Ini semua otoritas pusat," terang Danny.

Selain itu, Danny juga mengaku telah mengambil langkah berupa pencanangan kota daya tahan bencana.

"Masyarakat harus ketahui mitigasi bencana. Salah satunya RT/RW siaga bencana. Anak-anak di sekolah juga harus mendapatkan pendidikan mitigasi bencana," demikian Danny.