Senin, 28 Januari 2019 19:01

Puting Beliung Terjang Sidrap, 61 Rumah Rusak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Puting Beliung Terjang Sidrap, 61 Rumah Rusak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidrap merilis jumlah rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

RAKYATKUM.COM, SIDRAP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidrap merilis jumlah rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung, Senin (28/1/2019) sebanyak 61 unit. Dua di antaranya rata dengan tanah dan lainnya hancur tertimpa pohon tumbang.

"Puluhan rumah penduduk yang rusak tersebut tersebar di sejumlah desa di lima kecamatan. Tingkat kerusakannya bervariasi, ada yang ringan, sedang, hingga rusak berat," sebut Kepala BPBD Sidrap, Siara Barang, Senin sore.

Dia merinci, dari 61 unit rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut, 16 unit di Kecamatan Pituriawa, 9 di Pituriase, 6 di Duapitue, dan 30 unit di Kulo. "Sementara, di tambah satu tower di Pancarijang yang jatuh menimpa sebuah rumah," terang Siara.

Disebutkannya, laporan jumlah rumah rusak tersebut berdasarkan hasil laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang melakukan pendataan di lokasi kejadian. "Untuk sementara, totalnya ada 61 unit rumah rusak," papar Siara.

Dia mengatakan, puluhan rumah yang terkena puting beliung ini, umumnya mengalami kerusakan di bagian atap. "Ada dua unit rata dengan tanah dan satu lainnya hancur tertimpa pohon besar," lontar Siara. 

Ditambahkannya, pihak BPBP Sidrap akan terus melakukan laporan terkini terbaru terkait bencana angin puting beliung yang menerjang pemukiman warga di lima kecamatan di Sidrap pagi tadi.

Berikut Data Rumah yang Rusak
1. KECAMATAN PITU RIAWA = 16
– Desa Sumpang mango = 16

2. KECAMATAN DUA PITUE = 6
– Kel Tanru Tedong = 4
– Kel. Salo Mallori = 1

3. KECAMATAN PITU RIASE = 9
– Desa Botto = 5
– Desa Bola Bulu = 4

4. KULO = 30
– Desa Kulo = 12
– Desa Bina Baru = 11
– Desa Rijang Panua = 1
– Desa Maddenra = 5
– Desa Mario = 1

5 PANCARIJANG=
- Tower Milik PT Indosat jatuh menimpa sebuah rumah di Kelurahan Rappang