Senin, 28 Januari 2019 17:53

Kemensos Serahkan Santunan Kematian bagi Korban Bencana di Jeneponto

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Dirjen Linjamsos Kemensos RI, Harry Hikmat, di Posko Induk Penanggulangan Bencana Kabupaten Jeneponto, Senin (28/1/2019).
Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Dirjen Linjamsos Kemensos RI, Harry Hikmat, di Posko Induk Penanggulangan Bencana Kabupaten Jeneponto, Senin (28/1/2019).

Kementerian Sosial RI memberikan bantuan santunan kematian bagi korban bencana banjir yang terjadi di Jeneponto. 

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Kementerian Sosial RI memberikan bantuan santunan kematian bagi korban bencana banjir yang terjadi di Jeneponto. 

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Dirjen Linjamsos Kemensos RI, Harry Hikmat, kepada para ahli waris, Senin (28/1/2019) di Posko Induk Penanggulangan Bencana Kabupaten Jeneponto.

Menurut Harry, sejak terjadinya bencana yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Sulsel, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), telah meminta Kementerian Sosial untuk memperhatikan kebutuhan mendesak masyarakat yang terdampak.

Salah satu instruksi JK adalah pemberian santunan kematian bagi ahli waris korban meninggal. "Dalam rapat kemarin, Bapak Wapres meminta untuk segera menyerahkan santunan bagi ahli waris yang keluarganya meninggal. Insyaallah seluruh korban meninggal yang sudah teridentifikasi ahli warisnya akan segera diserahkan bantuan," tuturnya.

Untuk tahap awal ini, jumlah korban yang menerima bantuan santunan kematian sebanyak 14 orang. Di Jeneponto, sampai saat ini sudah ditemukan 69 korban meninggal. Seluruh ahli waris korban meninggal akan diberikan santunan kematian sebesar Rp15 juta untuk setiap korban.

"Bantuan diberikan untuk mengurangi beban dan memenuhi kebutuhan dasar. Bisa jadi untuk memperbaiki rumah yang terdampak banjir, dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi ahli waris," jelas Harry.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Pusat bagi korban bencana di wilayahnya. 

"Tolong sampaikan, bahwa masyarakat Jeneponto sangat berterimakasih atas yang diberikan Bapak Presiden," katanya.

Selain itu, Iksan juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah yang telah memberi perhatian khusus bagi masyarakat Jeneponto. "Bapak Gubernur begitu tanggap dengan apa yang menimpa masyarakat kami di sini," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial, Ilham A Gazaling menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah kepada warga para ahli waris korban meninggal.

"Bapak Gubernur berharap, kita semua bisa diberi ketabahan dan kekuatan untuk bangkit kembali, bersama-sama membangun Jeneponto," jelasnya.

Menurut Ilham, Gubernur Sulsel juga telah menginstruksikan agar OPD terkait bisa bersinergi untuk melakukan pemulihan di Jeneponto pasca terjadinya bencana banjir. "Semua aspek kehidupan masyarakat harus segera pulih," kuncinya.