Senin, 28 Januari 2019 17:40

Antisipasi Bantuan Sosial Dikorupsi, Polda Sulsel Bentuk Satgas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.

Polda Sulsel membentuk Satgas bangun sosial untuk mengantisipasi bantuan sosial untuk korban bencana alam banjir dan longsor di Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polda Sulsel membentuk Satgas bangun sosial untuk mengantisipasi bantuan sosial untuk korban bencana alam banjir dan longsor di Sulawesi Selatan. Ketua Satgasnya Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan. 

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, Satgas ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Kapolri dengan Mensos untuk mengawal bantuan dari pemerintah ataupun dari masyarakat untuk korban bencana alam.

"Satgas ini tugasnya melakukan verifikasi terhadap bantuan sosial bencana alam dari masyarakat, LSM, ataupun pemerintah," ujar Kombes Pol Dicky Sondani, di Warkop Siama, Senin (28/1/2019). 

Selain verifikasi, Satgas juga melakukan pengawalan dan pengawasan pada proses pendistribusian bantuan sosial mulai dari awal hingga dipastikan bangun tersebut sampai di masyarakat atau korban bencana alam. 

"Satgas ini juga mencegah timbulnya masalah hukum, berupa tindak pidana korupsi, contoh kemarin di NTB ada ditangkap oknum karena telah menyalahgunakan bantuan sosial dan sudah diproses hukum," paparnya. 

Lebih jauh ia menjelaskan Satgas ini dibentuk untuk memastikan bantuan sosial tepat sasaran tidak disalahgunakan atau tidak dikorupsi oleh oknum tertentu. 

"Model pengawas Satgas, setiap ada bantuan kepada masyarakat kita akan cek bantuan tersebut dari mana dalam bentuk apa uang atau barang kemudian kita lakukan verifikasi ke mana bantuan itu salurkan dan memastikan bantuan itu sampai di korban bencana alam," tutupnya.