Sabtu, 19 Januari 2019 21:39

Surat Suara Pemilu 2019 yang Dicetak Makassar Mulai Diproduksi

Eka Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Surat Suara Pemilu 2019 yang Dicetak Makassar Mulai Diproduksi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan melaksanakan prosesi pencetakan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 secara serentak pada Minggu (20/1/2019), besok.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan melaksanakan prosesi pencetakan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 secara serentak pada Minggu (20/1/2019), besok.

Proses pencetakan surat suara secara masif tersebut dilakukan setelah sebelumnya digelar tahapan pencetakan awal pada Rabu (16/1/2019) lalu. Pencetakan awal tersebut guna memastikan kualitas surat suara sudah sesuai standar yang dicanangkan.

Salah satu dari enam perusahaan pemenang lelang pencetakan surat suara tersebut berbasis di Makassar, yakni PT Adi Perkasa Makassar yang beralamat di Jalan Adipura Raya.

"Prosesi pencetakan surat suara untuk area Makassar besok di PT Adi Perkasa. Agendanya adalah opening speech cetak perdana surat suara Pemilu 2019 dan tour ceremonial cetak perdana surat suara ke lokasi produksi," kata Direktur PT Adi Perkasa, Makmur Nakku, Sabtu (19/1/2019).

Acara ini sendiri akan dihadiri langsung oleh Komisioner KPU RI, Viryan Aziz, perwakilan KPU Sulsel serta pihak percetakan selaku mitra kerja KPU.

Sekadar diketahui, selain PT Adi Perkasa Makassar, lima perusahaan pemenang lelang pencetakan surat suara lainnya yang ditunjuk KPU RI masing-masing PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), serta PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur).

Keenam perusahaan tersebut nantinya akan mencetak 939.879.651 lembar surat suara yang mencakup surat suara Pilpres, DPD, DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI.

Sebelumnya, surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019 sudah divalidasi pada Jumat (4/1/2019) lalu. Validasi ditandai dengan penandatanganan surat suara oleh seluruh peserta pemilu. Pencetakan surat suara Pemilu 2019 sendiri ditargetkan rampung pada pertengahan Maret mendatang.