Jumat, 18 Januari 2019 20:12

Klenteng Xiang Ma Bersolek Jelang Imlek 2019

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Klenteng Xiang Ma Bersolek Jelang Imlek 2019

Menyambut Imlek atau tahun baru China ke-2570 pada tanggal 5 Februari 2019, pengurus Klenteng Xiang Ma tengah melakukan beberapa persiapan. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menyambut Imlek atau tahun baru China ke-2570 pada tanggal 5 Februari 2019, pengurus Klenteng Xiang Ma tengah melakukan beberapa persiapan. 

Humas Klenteng Xiang Ma, Robbyanto Rusli mengatakan, di teras depan Klenteng, sementara dibuatkan tempat dan sipasangi atap untuk pemasangan 1.000 lilin. Pembersihan altar, serta akan membersihkan dewa-dewi yang dimulai pada tanggal 27 Januari 2019. 

"Jadi pada tanggal 27 Januari kita akan memandikan dewa-dewi yang ada di lantai 5, tanggal 28 Januari dewa dilantai 3, 29 lantai 2 dan puncaknya tanggal 30 dilantai 1," ungkapnya saat ditemui Rakyatku.com, di Klenteng Xiang Ma, Jumat (18/1/2019).

Robby menambahkan, pada saat pembersihan dewa-dewi Xiang Ma yang ada lantai satu, akan dihadiri semua pengurus, anggota dan ketua Klenteng Xiang Ma. 

"Semua kumpul,  ada acara khusus dan Ibu ketua yang ganti bajunya Dewi Xiang Ma, setelah dimandikan," tuturnya.

Lampion-lampion lama yang ada di Kleteng Tertua di Makassar tersebut  juga akam diganti dengan yang baru,  serta gambar dan lukisan yang lama akan diganti dan disesuaikan dengan tahun ini yang dikenal dengan tahun Babi Tanah.

Menurutnya, pada saat perayaan Imlek lilin-lilin besar akan dinyalakan, oleh masing-masing Individu didepan klenteng yang dipercaya untuk membawa terang selalu.  

"Lilin ini akan dinyalakan sampai perayaan Cap Go Meh, yang dirayakan 15 hari setelah Imlek, sekaligus menandai berakhirnya persaan Imlek pada tahun ini," pungkasnya.