Senin, 07 Januari 2019 11:51

Pengusaha R dan Vanessa Lolos dari Jerat Hukum, Bagaimana Uang Rp80 Juta?

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vanessa Angel dan Jane Shalimar
Vanessa Angel dan Jane Shalimar

Dua artis yang kepergok mesum di sebuah hotel di Surabaya, Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila dipastikan lolos dari jerat hukum. Begitu pula dua pengusaha yang memesan mereka.

RAKYATKU.COM - Dua artis yang kepergok mesum di sebuah hotel di Surabaya, Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila dipastikan lolos dari jerat hukum. Begitu pula dua pengusaha yang memesan mereka.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menegaskan, tidak ada undang-undang yang bisa menjerat kedua pasangan tersebut. Polisi hanya akan memproses orang yang bertindak sebagai muncikari.

"Tidak ada pasal ya, tidak ada pasal, regulasi, undang-undang yang menyatakan bahwa ketika seseorang memakai daripada jasa seseorang, terutama khusus kepada prostitusi, tidak ada undang-undang," ujar Barung, Senin (7/1/2019).

Mantan Kabid Humas Polda Sulsel juga enggan menyebutkan identitas pengusaha yang memesan Vanessa. Polisi sebelumnya hanya menyebut inisialnya, R. "Polisi tak akan membuka aib seseorang," katanya. 

Sebelumnya, Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harissandi menyebut bahwa pengguna jasa Vanessa adalah seorang pengusaha berinisial R. Usianya berkisar 40-50 tahun.

Namun, R bukan warga Surabaya. Dia diketahui berasal dari luar Jawa. Hanya mereka janjian ketemu di Surabaya.

Polisi sempat mengungkap bahwa kedua artis itu memasang tarif berbeda. Vanessa Rp80 juta untuk sekali kencan. Sementara Avriellia Shaqqila bertarif Rp25 juta. 

Bagaimana dengan nasib uang itu? Polisi belum memberi penjelasan apakah uang tersebut telah diserahkan di awal atau belum.

Sementara itu, mantan seteru Vanessa, Jane Shalimar mendatangi Polda Jatim. Dia membantu dengan mendatangkan pengacara untuk kedua wanita itu.

"Nggak nyangka aja. Asli kaget banget. Saya tidak bisa memberi statemen banyak-banyak dulu. Yang penting adalah saya mau menjenguk Vanessa dulu. Dan juga kebetulan saya juga membawa kuasa hukum," tambahnya.

Usai diperiksa Polda Jawa Timur, Vanessa sempat mengucapkan permintaan maafnya kepada masyarakat dan kepada pengguna media sosial atas kegaduhan yang telah diciptakan. 

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Vanessa Angel meminta maaf atas kegaduhan yang sempat terjadi. Atas segala opini dan asumsi yang telah terbentuk di masyarakat ataupun di media sosial," kata Vanessa.

"Saya menyadari bahwa kesalahan dan kehkhilafan yang telah saya lakukan telah merugikan banyak orang," lanjutnya.

Selain Vanessa, beberapa jam kemudian, Avriellia Shaqqila juga keluar dari Mapolda Jatim sekitar pukul 17.38 WIB. Avriellia menemui wartawan dengan menangis. Avriellia terlihat memakai mini dress berwarna cokelat dan jaket biru dongker. Saat keluar dari ruangan penyidikan, Avriellia menyampaikan permohonan maaf kepada publik.

"Saya Avriellia meminta maaf kepada seluruh publik dan seluruh awak media yang selama ini sudah dengan saya," katanya di depan wartawan Mapolda Jatim.

Awalnya, Avriellia yang nampak baik-baik saja langsung menangis tersedu-sedu. Dia tak kuasa menahan air matanya, sembari menutupi wajahnya dengan kertas berisikan ucapan maaf.

Selain itu, Avriellia juga sempat meminta maaf kepada kepolisian atas kesalahan yang dibuatnya. Dia juga sempat menyebut jika tindakannya ini tak patut dicontoh oleh siapapun.