Minggu, 06 Januari 2019 09:34

Presiden Ini Tunjukkan Dompet Berisi Rp146 Ribu, Istrinya Ternyata Miliarder

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador dan istri.
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador dan istri.

Tidak ada yang meragukan kesederhanaan Andres Manuel Lopez Obrador. Presiden Meksiko yang baru saja dilantik itu hanya memiliki kekayaan Rp327 juta.

RAKYATKU.COM - Tidak ada yang meragukan kesederhanaan Andres Manuel Lopez Obrador. Presiden Meksiko yang baru saja dilantik itu hanya memiliki kekayaan Rp327 juta.

Kepada wartawan, dia pun menunjukkan kesederhanaannya dengan menunjukkan isi dompetnya.

Tampak dompet itu hanya berisi uang 200 peso atau sekitar Rp146 ribu. Dia juga menunjukkan dua lembar uang dolar AS yang didapatnya dari seorang pria Meksiko yang tinggal di Amerika Serikat dan disebutnya sebagai jimat keberuntungan. 

Sejak masa kampanye, Lopez Obrador, seorang politisi dari sayap kiri yang anti-kemapanan, secara konsisten menunjukkan langkah-langkah penghematan yang agresif dalam pemerintahannya. 

Tidak hanya memutuskan untuk memangkas gajinya sendiri, Lopez Obrador juga memangkas gaji para pegawai dan pejabat pemerintah yang lebih tinggi dari dirinya.

Selain itu dia juga membubarkan satuan khusus pengamanan presiden dan menjual pesawat kepresidenan. Presiden Lopez Obrador juga memilih tinggal di kediaman pribadinya. 

"Uang tidak pernah menjadi ketertarikan saya. Saya berjuang demi cita-cita, demi prinsip," kata AMLO, sapaannya.

"Tapi saya juga ingin mengklarifikasi, agar tidak menyinggung siapa pun, bahwa tidak semua orang kaya itu jahat," tambahnya.

Dalam laporan deklarasi asetnya, presiden berusia 65 tahun itu menuliskan hanya memiliki dua rekening bank dengan hanya ada sekitar 23.000 dollar AS atau sekitar Rp327 juta di dalamnya. 

Dia juga mencantumkan tidak memiliki kartu kredit, tidak ada rekening giro, dan tidak memiliki kendaraan. AMLO mengatakan, satu-satunya real estat yang dimilikinya adalah sebuah peternakan sederhana yang berada di Meksiko selatan, yang bahkan telah dia tandatangani menjadi milik putra-putranya. 

Jika AMLO tampak sederhana, berbeda dengan istrinya yang seorang jurnalis sekaligus penulis, Beatriz Gutierrez. Dia mengaku memiliki tiga rekening bank dengan jumlah total sekitar 72.000 dolar AS atau sekitar Rp1 miliar.

Tak hanya itu, dia juga mengoleksi tiga unit kendaraan, sebuah apartemen, sebuah rumah, dan dua bidang tanah.