Sabtu, 05 Januari 2019 17:26

Berpeluang Jadi Ketua DPD RI, Ini Calon Senator Terkuat dari Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
AM Iqbal Parewangi
AM Iqbal Parewangi

Senator asal Sulawesi Selatan berpeluang memimpin Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. Ada beberapa nama kuat yang berpeluang menduduki kursi itu.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Senator asal Sulawesi Selatan berpeluang memimpin Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. Ada beberapa nama kuat yang berpeluang menduduki kursi itu.

Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus membeberkan calon senator yang berpeluang mendapatkan kursi. Dua petahana, katanya, hampir pasti tak terbendung. Keduanya yakni AM Iqbal Parewangi dan Ajiep Padindang.

"Saya pikir incumbent tetap akan mendominasi. Penguasaan lapangan dan jaringan mereka masih tetap unggul, seperti Ajiep Padindang dan Iqbal Parewangi. Keduanya tetap saya unggulkan. Ajiep mampu mengumpulkan lebih 300 ribu dukungan dan Iqbal mencapai 233 ribu (di Pemilu 2014)," ujar Nurmal kepada Rakyatku.com, Sabtu (5/1/2019).

Iqbal Parewangi sendiri menargetkan satu juta suara pada Pemilu 2019. Kader Muhammadiyah ini tengah berjuang agar putra asal Sulsel bisa memimpin DPD RI sekaligus menjadi wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Inisiator Qur’anic Quantum Teaching itu berpeluang meraih pemilih Aziz Qahhar Mudzakkar yang kini pindah "kolam" ke DPR RI. Inisiator pelatihan pengembangan ekonomi umat berbasis masjid sekaligus pendiri ICMI Muda dan GAMA College itu punya ikatan kuat dengan Ormas Islam.

Senator asal Sulsel pernah menjadi pimpinan MPR RI. Pengusaha HM Aksa Mahmud pernah terpilih menjadi wakil ketua MPR RI dari jalur DPD. Begitu pula dengan almarhum Andi Mappetahang Fatwa, walau saat itu dia terpilih menjadi senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

Lalu, siapa dua calon lainnya yang berpeluang terpilih? Nurmal mengatakan, dua kursi yang ditinggalkan Bahar Ngitung dan Aziz Qahhar Mudzakkar akan diperebutkan empat calon senator. 

"Saya melihat ada empat figur yang berpotensi masuk mengisi kekosongan itu. Saya mengunggulkan secara berurutan, Tamsil Linrung, Moh Roem, Andi Ihsan, dan Syaiful Saleh," kata mantan ketua KPU Makassar itu.

Nurmal punya alasan menunjuk empat orang tersebur sebagai pengganti yang sepadan untuk Aziz dan Obama. Menurutnya, keempat orang tersebut mempunyai basis pemilih yang jelas dan teruji.

"Roem adalah ketua DPRD Sulsel yang tentu terpilih karena dukungan suara riil. Dia juga bisa memanfaatkan jejaring Golkar yang selama ini dikendalikannya. Tamsil Linrung juga demikian. Dia anggota DPR RI yang punya basis riil. Selain itu, dia punya jejaring luas di PKS. Andi Ihsan karena dia incumbent. Meski berstatus PAW tapi perolehan suaranya masuk dalam lima besar. Basisnya juga riil. Syaiful Saleh, punya pengalaman tanding sebagai calon wakil wali kota Makassar. Jejaring politiknya jelas yaitu mengendalikan struktur organisasi Muhammadiyah di Sulsel," urai Nurmal.