Jumat, 04 Januari 2019 10:59

Wali Kota Ini Tewas Ditembak saat Arak-arakan Beberapa Menit Usai Dilantik

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Alejandro Aparicio
Alejandro Aparicio

Perjuangan pria ini untuk menjadi wali kota akhirnya berhasil. Beberapa menit usai pelantikan, dia diarak pendukungnya di jalan-jalan. Hidupnya berakhir di jalanan.

RAKYATKU.COM - Perjuangan pria ini untuk menjadi wali kota akhirnya berhasil. Beberapa menit usai pelantikan, dia diarak pendukungnya di jalan-jalan. Hidupnya berakhir di jalanan.

Wali kota itu bernama Alejandro Aparicio. Dia baru saja dilantik menjadi wali kota Tlaxiaco di Negara Bagian Oaxaca, Meksiko ketika penyerang menembaknya. Dia ditembak saat sementara diarak pendukungnya di jalanan.

Peristiwa itu terjadi Selasa (1/1/2019). Seperti dikutip dari Deutsche-Welle Jumat (4/1/2019), Alejandro Aparicio terpilih sebagai wali kota di kota itu dalam pemilihan terakhir di Mexico pada tahun 2018. 

Dia adalah anggota partai politik Morena yang didirikan oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

Menurut surat kabar Meksiko El Universal, serangan itu terjadi sekitar tengah hari di pusat kota Tlaxiaco. Aparicio berjalan-jalan di jalan-jalan kota setelah upacara sumpahnya berakhir.

Situs media lokal Monitor de Oaxaca melaporkan bahwa lima orang lainnya juga terluka dalam serangan itu. Para korban berhasil merekam kejadian kejahatan tersebut.

Saksi mata mengatakan beberapa orang melepaskan tembakan ke Aparicio, tetapi pihak berwenang hanya dapat menangkap satu orang di tempat kejadian. Tersangka dicap sebagai pelaku oleh kerumunan, yang berusaha untuk menghukum mati pria itu sampai polisi Meksiko turun tangan dan membawanya pergi.

Gubernur Oaxaca Alejandro Murat membenarkan kematian wali kota Tlaxiaco. "Saya menyatakan belasungkawa saya kepada keluarga dan orang-orang Tlaxiaco," katanya.