Jumat, 04 Januari 2019 08:32

Jokowi-Ma'ruf Pilih Koko Putih, Prabowo-Sandiaga Pakai Jas Khas Presiden-Wapres

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Desain surat suara Pilpres 2019.
Desain surat suara Pilpres 2019.

Pasangan capres-cawapres sudah menetapkan foto pada surat suara. Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf yang mengenakan baju koko putih, pasangan Prabowo-Sandi memilih setelan jas hitam plus dasi.

RAKYATKU.COM - Pasangan capres-cawapres sudah menetapkan foto pada surat suara. Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf yang mengenakan baju koko putih, pasangan Prabowo-Sandi memilih setelan jas hitam plus dasi.

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, foto yang mengenakan jas hitam dan songkok hitam itu yang akan digunakan pada surat suara nanti. 

Sebenarnya ada beberapa opsi. Namun, foto itu merupakan opsi utama yang akan digunakan dalam surat suara. 

Sandiaga menjelaskan alasannya memilih menggunakan setelan jas. Sebab, dia menganggap persoalan foto surat suara merupakan sesuatu yang sangat formal. 

"Bagi kami kan ini sesuatu yang sangat formal. Dan kalau lihat foto presiden dan wakil presiden kan semuanya juga pakai pakaian formal. Ini Pemilu yang sangat betul-betul kita pastikan rakyat memilih berdasarkan apa yang menjadi harapan mereka," kata Sandiaga. 

Sementara pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah menentukan foto yang akan mereka pakai di surat suara Pilpres 2019. Foto itu menampilkan Jokowi-Ma'ruf yang berbaju kokok serba putih dipadankan songkok hitam. 

"Pak Jokowi memang beliau selama ini senang dengan baju putih dan sederhana seperti sekarang. Baju putih itu menunjukkan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf menyimbolkan kesucian dan kebaikan. Jadi putih itu artinya suci dan baik. Pak Jokowi dan Kiai Maruf ini adalah pemimpin yang baik," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding.

Soal peci, menurut Karding, Jokowi ingin tampil serasi dengan Ma'ruf. Selain itu, peci dinilai sebagai bagian dari kultur bangsa Indonesia.

"Penggunaan peci ini sebagai bagian dari agar lebih serasi dengan Kiai Ma'ruf. Lalu peci ini adalah simbol nasional kita. Dipakai tokoh-tokoh, simbol kultural bangsa kita," paparnya.

Karding berharap profil Jokowi-Ma'ruf sebagai pemimpin baik dan elegan tecermin dari foto tersebut. Dia menyebut foto itu telah didaftarkan ke KPU hari ini. "Kita berharap dengan penampilan elegan seperti ini masyarakat makin mudah mengenali, menyukai, lalu memilih," imbuh Karding.