Kamis, 24 Oktober 2024 17:40

Pimpinan DPRD Gowa Dilantik, Bupati Harap AKD Segera Dibentuk

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pimpinan DPRD Gowa Dilantik, Bupati Harap AKD Segera Dibentuk

Alat Kelengkapan Dewan (AKD) diharapkan segera untuk membahas Ranperda APBD 2025 Kabupaten Gowa.

GOWA --- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa periode 2024-2029 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Kamis (24/10).

Pada momentum tersebut Bupati Adnan meminta agar Alat Kelengkapan Dewan (AKD) segera dibentuk. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendorong pembahasan Ranperda APBD 2025 Kabupaten Gowa.

“Selamat atas pelantikannya, kami meminta para pimpinan yang baru saja dilantik untuk membentuk alat kelengkapan dewan sebagai syarat untuk kita mendorong rancangan APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2025 untuk dibahas. Apalagi tahun ini adalah tahun transisi kepimpinan presiden, sehingga harusnya kita mendorong APBD itu paling lambat tanggal 1 Oktober namun pedoman penyusunannya baru keluar minggu lalu ditambah alat kelengkapan DPRD sementara dibentuk karena menunggu pelantikan pimpinan baik ketua maupun wakil ketua,” jelas Bupati Gowa dua periode ini.

Baca Juga : Sekda Gowa Ajak Para Santri Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

Orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan APBD Tahun 2025 ini merupakan APBD terakhir dibawah kepemimpinannya bersama Abdul Rauf, sehingga pihaknya ingin penyususunan Ranperda APBD ini bisa segera didorong ke DPRD.

“Tahun ini adalah APBD terakhir kami dan menyebutnya tahun menuntaskan janji sehingga kami sangat ingin setelah berhenti semua janji-janji kami sudah selesai ke masyarakat Gowa secara keseluruhan,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, kerjasama dan kolaborasi yang terjalin antara pemerintah dan DPRD mampu terus terjalin. Terlebih kedudukannya sama-sama sebagai penyelenggara pemerintahan.

Baca Juga : Bupati Gowa Hadiri Puncak Peringatan Hari Jadi Sulsel ke-355

“Posisi kita dalam Undang-Undang itu sama sebagai penyelenggara pemerintahan. Sehingga mari bersama-sama bermitra dengan baik untuk membangun Gowa yang masyarakatnya lebih sejahtera dimasa yang akan datang,” harapnya.

Sementara Ketua DPRD Gowa, Muh. Ramli Rewa mengaku dalam waktu dekat akan segera menyelesaikan alat kelengkapan dewan khususnya dalam pembentukan badan anggara agar pembahasan Ranperda APBD 2025 Kabupaten Gowa bisa segera dibahas.

“Karena banggar yang lalu beberapa naik kelas dan terjadi perubahan maka kita akan lakukan koordinasi agar bisa terbentuk bersama dengan para komisi sehingga percepatan APBD 2025 bisa dilakukan dan benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat namun sesuai dengan pedoman APBD itu sendiri,” katanya.

Baca Juga : Hari Santri Nasional, Bupati Gowa Tanam Pohon di Ponpes Sulhas

Adapun pimpinan DPRD yang terpilih selain Ketua DPRD Gowa yakni Wakil Ketua DPRD (Partai Gerindra) Hasrul Abdul Rajab, Wakil Ketua DPRD (Partai Amanat Nasional) Taufik Surullah, Wakil Ketua DPRD (Partai Nasional Demokrat), Tyna Haji Ti’no Dg Mawangi yang dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Sungguminasa, Hasanuddin.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Andy Azis, Forkopimda Gowa, para anggota DPRD, Pimpinan SKPD, Kabag dan Camat Lingkup Pemkab Gowa serta organisasi agama, masyarakat, pemuda dan lainnya.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan