Selasa, 22 Oktober 2024 14:22

Tim Dosen Fakultas Farmasi UMI Pengabdian Masyarakat di Desa Borisallo Kabupaten Gowa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim Dosen Fakultas Farmasi UMI Pengabdian Masyarakat di Desa Borisallo Kabupaten Gowa

kegiatan itu bertujuan memberikan pelatihan pemanfaatan hasil pangan desa binaan UMI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Berkolaborasi dengan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5/10/2024 itu bertujuan memberikan pelatihan pemanfaatan hasil pangan desa binaan UMI. Dosen yang terlibat dalam kegiatan itu adalah apt. A. Muflihunna, S.Si., M.Si., apt. Rahmawati, S.Si., M.Sc., dan apt. Sukmawati, S.Farm., M.Kes. dan 2 orang mahasiswa.

"Adapun mitra dalam kegiatan itu adalah ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga di Desa Borisallo," kata Rahmawati, S.Si., M.Sc pada Selasa 22/10/2024.

Baca Juga : Polda Sulsel Cabut Status Tersangka Rektor UMI Prof Sufirman Rahman

Dikatakan, sebagai salah satu daerah yang membudidayakan kacang tanah, tim pengabdi bermaksud mengoptimalkan potensi daerah tersebut. Selama ini, kacang tanah hanya dijual dalam bentuk mentah dan beberapa diolah menjadi makanan ringan (cemilan). Melalui pengabdian ini, kacang tanah diolah menjadi makanan tambahan berupa selai kacang coklat yang sangat kaya nutrisi sehingga sangat baik untuk kesehatan. 

"Kandungan lemak kacang tanah berupa lemak tidak jenuh (bukan kolesterol) yang baik untuk kesehatan. Kandungan gulanya rendah dan seratnya baik untuk pencernaan. Mengandung vitamin E, A, K dan B-kompleks serta mineral Ca, K yang tingggi juga mengandung Fe, F, Na, Cu, Mg, Mn, Se, Zn. Kacang tanah juga mengandung fitosterol berupa (betasitosterol, campesterol dan stigmasterol) yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan," tambahnya.

Ia menyebut, pada zaman milenial ini, selai kacang coklat selain digunakan untuk olesan roti, juga dimanfaatkan sebagai topping makanan, biskuit dan kue. Kandungan gizinya yang tinggi dan bervariasi sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua. 

Baca Juga : Penjelasan Rektor UMI Makassar Setelah Ditetapkan Tersangka, Mengaku Belum Terima Sprindik

"Selai kacang coklat ini memiliki rasa yang enak dan gurih dengan tekstur semi pada sehingga cocok sebagai olesan, cocolan dan topping makanan," cetusnya.

#UMI Makassar #rektor UMI