Selasa, 15 Oktober 2024 15:53

Pemprov Sulsel Akan Gelar Operasi Celah Bibir dan Celah Lelangit Gratis

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel Akan Gelar Operasi Celah Bibir dan Celah Lelangit Gratis

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-355 Sulsel dan sekaligus menjadi wujud komitmen Pemprov Sulsel dalam memperluas akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat, tanpa terkecuali"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel akan menggelar bakti sosial operasi celah bibir dan celah lelangit secara gratis di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM) Provinsi Sulsel, Jalan Lanto Dg. Pasewang No. 286, Makassar. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Sulawesi Selatan.

Operasi celah bibir dan celah lelangit ini dijadwalkan pada 19 Oktober. Hingga Selasa siang, tercatat sudah ada 11 calon pasien yang terdaftar. Pendaftaran akan ditutup pada 17 Oktober.

Para calon pasien terlebih dulu akan menjalani tes kesehatan. “Screening kita jadwalkan pada Kamis pagi, 18 Oktober,” ucap panitia baksos, drg. Yuliana Yusrah.

Baca Juga : Tabligh Akbar HUT Sulsel, Pj Gubernur Mengajak Masyarakat Jaga Suasana Aman dan Damai

Dipaparkan, operasi ini terbuka untuk semua usia. Dengan catatan harus memenuhi syarat. Syarat utama bagi peserta adalah membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Syarat untuk bayi dengan kondisi celah bibir, usia minimal adalah 3 bulan dengan berat badan minimal 5 kg. Sementara untuk bayi dengan kondisi celah lelangit, usia minimal adalah 1,5 tahun dengan berat badan minimal 10 kg.

Selain itu, kondisi kesehatan anak harus baik, tanpa adanya penyakit seperti batuk, pilek, atau demam, serta wajib mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter sebelum operasi dilakukan.

Baca Juga : Pimpin Apel Jelang Perayaan HUT Sulsel, Pj Gubernur Prof Zudan: OPD Hebat dan Luar Biasa

“Sesuai arahan Penjabat Gubernur Sulsel, Bapak Prof Zudan Arif Fakrulloh, program ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak yang lahir dengan kondisi celah bibir dan celah lelangit agar bisa mendapatkan perawatan medis secara tepat dan tanpa biaya,” kata drg. Yuliana.

Program operasi gratis ini mencerminkan kepedulian Pemprov Sulsel terhadap kesehatan masyarakat, terutama anak-anak dengan kebutuhan medis khusus seperti celah bibir dan celah lelangit. Diharapkan melalui program ini, para peserta bisa mendapatkan pengobatan yang optimal sehingga kualitas hidup mereka dapat meningkat secara signifikan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-355 Sulsel dan sekaligus menjadi wujud komitmen Pemprov Sulsel dalam memperluas akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat, tanpa terkecuali. Melalui program ini, Pemprov berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan masyarakat Sulsel,” pungkasnya.

Baca Juga : Prof Zudan Lepas 535.500 Peserta di Jalan Sehat Serentak HUT Sulsel

Untuk informasi pendaftaran dan detail lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi drg. Yuliana Yusrah di nomor 0852-5536-3708 atau M. Awal Ramadhani di nomor 0859-5434-1114.

#Pemprov Sulsel #Prof Zudan Arif Fakhrullah