Sabtu, 12 Oktober 2024 18:39

Unik, Poltekpar Makassar Luluskan 561 Mahasiswanya di Salah Satu Ikon kota Makassar. Begini Kata Sandiaga Uno

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Kikan) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Direktur Poltekpar Makassar Herry Rahmat Widjaya sabtu(12/10)
(Kikan) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Direktur Poltekpar Makassar Herry Rahmat Widjaya sabtu(12/10)

"Kalian adalah bagian dari solusi pembangunan, dan kami berharap kalian terus berkarya,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mewisuda 561 lulusan baru, dalam Rapat Senat Terbuka yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (12/10/2024).

Wisuda ini menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, yang memberikan apresiasi terhadap konsep acara yang inovatif dan berbeda.

Direktur Poltekpar Makassar, Dr. Herry Rachmat Widjaja, melaporkan bahwa 561 lulusan tersebut berasal dari tiga jurusan dan delapan program studi.

Baca Juga : Direktur Poltekpar Makassar Tutup Rangkaian Kegiatan Dalam Rangka Dies Natalis Ke 33

Beberapa di antaranya adalah Divisi Kamar dengan 37 lulusan, Tata Hidangan 54 lulusan, Seni Kuliner 68 lulusan, dan Pengelolaan Perhotelan sebanyak 74 lulusan.

Dr. Herry menegaskan, para lulusan telah dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan global.

Menurutnya, keterampilan yang diperoleh selama pendidikan, akan menjadikan mereka bagian penting dalam pembangunan pariwisata di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Dalam Rangkaian Dies Natalies ke-33 Tahun, Poltekpar Makassar Gelar "Fun Run"

“Kalian adalah bagian dari solusi pembangunan, dan kami berharap kalian terus berkarya,” tuturnya.

Sandiaga Uno menilai, pelaksanaan wisuda di lokasi ikonik seperti Pantai Losari sebagai inovasi kreatif yang memberikan kesan mendalam.

Wisuda di tempat seperti ini jauh lebih berkesan, dibandingkan di dalam gedung konvensional. Ini akan menjadi memori indah yang selalu dikenang peserta dan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Jalin Kerjasama dengan Tiga Perusahaan Sekaligus, Begini Isinya

Selain menyoroti lokasi unik, Sandiaga mengapresiasi tingginya serapan lulusan Poltekpar di dunia kerja, dan kontribusi mereka dalam sektor ekonomi kreatif.

Menurutnya, lulusan Poltekpar tidak hanya bekerja di industri pariwisata, tetapi juga banyak yang merintis bisnis kreatif secara mandiri.

Ia berharap, lulusan Poltekpar Makassar semakin mampu memanfaatkan teknologi, dan berperan dalam ekonomi hijau, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga : Politeknik Pariwisata Makassar Menandatangani MoU dengan International University of Tourism and Hospitality (IUTH) Kazakhstan

“Sulsel dan Indonesia Timur memiliki potensi besar dalam pariwisata dan ekonomi kreatif, yang berdaya saing global,” tambahnya.

Wisuda tahun ini mengusung konsep berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya digelar di ballroom hotel, kali ini acara diadakan di venue outdoor, dengan konsep festival di Anjungan Pantai Losari.

Sebuah panggung besar didirikan sebagai pusat kegiatan, dan segala aktivitas wisuda terfokus di sana.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Para wisudawan serta pendamping ditempatkan dalam tenda nyaman, yang dirancang khusus agar mereka terhindar dari panas matahari.

Pemandangan Pantai Losari, dengan latar ikon Kapal Pinisi dan Masjid 99 Kubah, menambah keindahan acara, dan memberikan pengalaman yang lebih berkesan.

Para wisudawan antusias berfoto bersama keluarga, untuk mengabadikan momen tersebut.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Dr. Herry mengungkapkan, ini adalah kali pertama Poltekpar Makassar menggelar wisuda terbuka dengan konsep outdoor.

Ia berharap, konsep seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain di masa mendatang.

Sandiaga juga mengapresiasi keberanian Poltekpar Makassar dalam berinovasi.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

“Konsep ini sangat baik dan kreatif. Poltekpar Makassar telah menerjemahkan apa yang saya harapkan dengan sangat tepat,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Sandiaga juga memberikan apresiasi kepada salah satu lulusan penyandang disabilitas rungu, yang berhasil menyelesaikan studinya.

Ini bukti bahwa pendidikan inklusif, adalah bagian penting dari pembangunan SDM pariwisata kita,” ucapnya.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Wisuda di Pantai Losari ini, diharapkan menjadi tradisi baru yang berkelanjutan, memperkuat posisi Makassar sebagai pusat pendidikan pariwisata dan destinasi wisata unggulan di Indonesia Timur.

Sandiaga menutup acara dengan pesan, untuk terus menjaga konsistensi dalam meningkatkan kualitas SDM di sektor pariwisata.

“Dengan kreativitas dan kerja keras, kalian akan menjadi bagian penting dari masa depan cerah pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar Muhammad Roem juga mengapresiasi peserta didik yang lulus hari ini, semoga ilmu yang selama ini didapatkan selama di bangku kuliah bisa diterapkan.

"Saya mengapresiasi juga untuk Poltekpar Makassar yang menggunakan salah satu ikon kota Makassar yakni Pantai Losari sebagai tempat wisuda, tentu ini pertama kali di lakukan, selamat juga buat anak didik yang lulus hari ini, semoga ilmunya bisa segera di implementasikan dalam dunia pekerjaan,"ucapnya.

Baca Juga : Sebanyak 1053 dari 1360 Wisudawan Unismuh Lulus dengan Predikat Cum Laude

Roem juga mengatakan sebagai salah satu perguruan tinggi Poltekpar adalah salah satu yang terbaik di Makassar, penyerapan mahasiswanya cukup tinggi, oleh karena itu pemerintah kota Makassar sangat bangga dan mensupport.

#Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #sandiaga uno #Poltekpar Makassar #wisuda #Pantai Losari #Ikon kota Makassar