Selasa, 08 Oktober 2024 14:49

Berkat Inovasi Pasti Beraksi, Pemprov Sulsel Raih Penghargaan SDG's Action Award 2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Berkat Inovasi Pasti Beraksi, Pemprov Sulsel Raih Penghargaan SDG's Action Award 2024

“Capaian yang tinggi di Asia membawa tanggung jawab besar, tidak hanya untuk menjadi teladan, tetapi juga untuk memfasilitasi kolaborasi dan inovasi yang lebih luas di seluruh Asia,”

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulsel meraih penghargaan SDG's Action Award 2024 berkat inovasi Pasti Beraksi. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin kepada Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh pada Penganugrahan SDG's Action Award 2024, sebelum membuka Konferensi Tahunan SDGs atau SDGs Annual Conference/SAC ke-7, yang digelar di Hotel Fairmont Jakarta, Jalan Asia Afrika Nomor 8, Jakarta Pusat, Senin, 7/10/2024.

Provinsi Sulsel dinilai sangat progresif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), dengan raihan sebesar 67 persen lebih. Pencapaian ini dinilai mencerminkan komitmen kuat Pemprov Sulsel dalam mendorong pembangunan berkelanjutan.

Angka ini menyumbangkan nilai total pencapaian Indonesia sebagai negara paling progresif sebesar 62,5 persen, jauh melampaui rata-rata global yang hanya mencapai 17 persen. Capaian ini salah satu faktor yang mengantarkan Pemerintah Provinsi Sulsel menjadi Provinsi Terbaik Ke-3 dalam Penganugrahan SDG's Action Award 2024 tersebut.

Baca Juga : Pj Sekda Buka Workshop Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Pemkot Makassar

"Alhamdulillah pada hari ini mendapatkan penghargaan," kata Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel, Andi Bakti Haruni, yang turut hadir mendampingi.

Andi Bakti menjelaskan, hasil evaluasi yang ada, dari 17 tujuan pembangunan yang indikatornya sebanyak 222, Sulsel dianggap sudah maju, karena sekira 67 persen lebih tinggi dari nasional yang masih berada di angka 62,5 persen indikator SDGsnya.

"Kita sudah di atas rata-rata nasional pencapaiannya," ungkapnya.

Baca Juga : Sekda Sulsel Jufri Rahman Diundang Beri Kuliah Umum di STIA LAN Makassar

Untuk menjadi yang terbaik, melalui proses seleksi yang panjang. "Mulai dari bulan Juni, baik itu mengirimkan dan memasukkan aplikasi. Hingga Agustus Sulsel sudah masuk lima besar. Dilakukan presentasi dan wawancara di bulan Agustus dan sekarang diumumkan kita juara," jelasnya.

Adapun terbaik pertama dan kedua diraih Jawa Barat dan Jawa Timur. Andi Bakti membeberkan bahwa nilai lebih Sulsel ada pada inovasi upaya mengurangi angka anak tidak sekolah (ATS).

"Inovasi kita namanya Pasti Beraksi, yang merupakan upaya penanganan anak tidak sekolah berbasis kolaborasi dan dinilai inovatif yang perlu terus dikembangkan bersama Unicef dan patut dicontoh dan direplikasi daerah lain," ujarnya.

Baca Juga : Sekda Jufri Rahman Tekankan Belanja Pegawai Pemprov Sulsel Maksimal 30 Persen

Adapun Wapres KH Ma'ruf Amin menyampaikan, capaian SDGs Indonesia 62,5 persen dari 222 indikator SDGs yang telah on track.

"Jadi, kita empat kali lebih hebat di atas rata-rata global," ujarnya.

Wapres berharap semua pihak dapat terus berinovasi dan berkomitmen dalam mempercepat pencapaian SDGs, khususnya dalam posisi Indonesia saat ini sebagai pemimpin regional dalam pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga : BKKBN Perkuat Pembinaan dan Koordinasi Program Penanganan Stunting di Gowa

“Capaian yang tinggi di Asia membawa tanggung jawab besar, tidak hanya untuk menjadi teladan, tetapi juga untuk memfasilitasi kolaborasi dan inovasi yang lebih luas di seluruh Asia,” pungkasnya.

#Pemprov Sulsel #Prof Zudan Arif Fakhrullah