Senin, 09 September 2024 13:51

Kukuhkan 3311 Mahasiswa Baru, Rektor Unismuh Makassar Titipkan 5 Kunci Sukses

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
3311 mahasiswa baru Unismug Makassar dikukuhkan hari ini
3311 mahasiswa baru Unismug Makassar dikukuhkan hari ini

Pentingnya prestasi non-akademik, khususnya di bidang kepemimpinan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pengukuhan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Sebanyak 3.311 mahasiswa dari jenjang D3, S1, S2, dan S3 resmi dikukuhkan dalam acara yang berlangsung di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin, 9 September 2024.

Pengukuhan ini dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Rektor Unismuh, Dr Abd Rakhim Nanda. Dalam sambutannya, ia menyampaikan lima pesan penting kepada para mahasiswa baru.

"Pertama, jadilah manusia muda yang dewasa dengan mulai menata diri. Segala sesuatu berada dalam kendali diri Anda, maka lakukan semuanya secara mandiri. Memasuki babak baru menjadi seorang mahasiswa, segala sesuatu kalian lakukan secara mandi tanpa arahan dari kedua orang tua," ujarnya.

Baca Juga : Unismuh Sambut 3.209 Mahasiswa Baru, Rektor Tekankan Pentingnya Kemandirian

Kedua, Rakhim Nanda juga mengimbau mahasiswa untuk mulai merancang masa depan dan perencanaan yang matang. "Manfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi akademik melalui karya-karya yang dapat dihasilkan," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya prestasi non-akademik, khususnya di bidang kepemimpinan. "Di Unismuh, pembinaan kepemimpinan disiapkan mulai dari tingkat program studi, fakultas, hingga universitas," jelasnya.

Keempat, jangan biarkan energi negatif merusak masa depan kalian. Ia menekankan pentingnya menjaga mental dan semangat selama menjalani masa kuliah.

Baca Juga : Pesan Haedar Nashir dalam Pelantikan Rektor Unismuh: Teguhkan Visi Islam Berkemajuan dalam Pendidikan

Kelima, Rektor menekankan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah, mengingat Unismuh adalah kampus Islami yang mengusung konsep Green Islamic Futuristic. "Selalu jaga spiritualitas dalam kehidupan akademik kalian," imbuhnya.

Ia juga menekankan pentingnya soft skill bagi para mahasiswa baru sebagai generasi penerus Unismuh. "Peningkatan soft skill sangat penting untuk kalian yang merupakan generasi muda," tutupnya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada program studi (prodi) yang berhasil mencatatkan prestasi terbaik dalam dua kategori, yakni "Kelulusan Tepat Waktu" dan "Keberhasilan Studi”. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda.

Baca Juga : Pelantikan Rektor Baru, Ambo Asse Laporkan Perkembangan Aset Unismuh

Dengan pengukuhan ini, mahasiswa baru Unismuh Makassar diharapkan siap menjalani masa perkuliahan dan mampu berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

#Unismuh Makassar