Minggu, 08 September 2024 16:31

Deteksi Dini Kanker Serviks, PKK Gowa Lakukan Tes IVA dan Pap Smear di 26 Puskesmas

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Deteksi Dini Kanker Serviks, PKK Gowa Lakukan Tes IVA dan Pap Smear di 26 Puskesmas

IVA test adalah pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan aplikasi asam asetat.

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus melakukan upaya-upaya dalam menangani penyakit kanker, termasuk kanker serviks.

Salah satunya yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dan RSUD Syekh Yusuf melalui edukasi pemeriksaan IVA dan pap smear secara serentak di 26 puskesmas termasuk di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Sabtu (7/9).

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Gowa, Suryanti Andy Azis mengatakan, mekanisme timbulnya kanker serviks ini merupakan suatu proses yang kompleks dan sangat variasi hingga sulit untuk dipahami. Hampir 80% kasus berada di negara berkembang.

Baca Juga : Pos Pelayanan Publik Parangloe Gowa Diresmikan

Sebelum tahun 1930, kanker serviks merupakan penyebab utama kematian wanita dan kasusnya turun secara drastis semenjak diperkenalkannya teknik skrining pap smear oleh papanikolau.

"Namun sayang hingga kini program screening belum memasyarakat di negara berkembang hingga mudah dimengerti mengapa insiden kanker serviks masih tinggi," ujarnya disela-sela membuka kegiatan.

Menurutnya, hal terpenting menghadapi penderita kanker serviks adalah menegakkan diagnosis sedini mungkin dan memberikan terapi yang efektif sekaligus prediksi prognosisnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Boyong Enam Penghargaan di Harganas Tingkat Sulsel

"Bagi ibu-ibu yang masih awam ini merupakan tantangan bagi pribadi untuk melawan rasa malu dan takut untuk memeriksa kan diri," tuturnya.

IVA test adalah pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan aplikasi asam asetat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, drg. Abdul Haris Usman mengatakan, dengan hadirnya kegiatan ini diharapkan secara dini melakukan screening terhadap masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing pada sasaran wanita usia 20 tahun yang sudah menikah untuk dilakukan pemeriksaan IVA dan pap smear.

Baca Juga : Sekda Gowa Minta ASN Pengawas Smart dan Adaptif

"Pemeriksaan IVA dan pap smear pertama kali hanya dilaksanakan oleh empat puskesmas pada 2008, kemudian di 2009 bertambah menjadi 8 puskesmas. Kemudian 2024 dilaksanakan di 26 puskesmas," ungkapnya.

Dalam capaian target Renstra 2020 hingga 2024 baru ada dua Puskesmas yang sudah mencapai target yaitu Puskesmas Bontolempangan I (101,48%) dan Puskesmas Lauwa (90,4%).

Hasil capaian ini sangat ditunjang oleh tenaga yang terlatih untuk melakukan screening pemeriksaan IVA dan pap smear, baik yang dilakukan di dalam gedung maupun di luar gedung di wilayah kerja Puskesmas masing-masing.

#Pemkab Gowa