Senin, 26 Agustus 2024 19:38
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Barru untuk turut serta dalam upaya menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah tersebut.

 

Ajakan ini disampaikan langsung oleh Bupati saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Barru periode 2024-2027 di Baruga Singkeru Ada'e Rujab Bupati Barru, Senin (26/08/2024).

"HIPMI harus punya visi misi yang jelas. Dengan visi misi, kita memiliki target yang ingin dicapai dan berupaya agar target itu dapat tercapai," tegas Suardi dalam sambutannya.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Suardi mengapresiasi keberadaan HIPMI di Kabupaten Barru sebagai bukti tumbuhnya semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda. Namun, ia juga mengingatkan akan tantangan yang dihadapi daerah, yakni stunting dan kemiskinan ekstrem.

 

"Angka stunting di Kabupaten Barru saat ini masih 22,1%. Kita harus bekerja keras untuk mencapai target pemerintah pusat sebesar 14%," ungkap Suardi.

Selain itu, Bupati juga menyoroti masalah pengangguran terbuka yang masih mencapai 5,8%. Ia berharap HIPMI dapat berperan aktif dalam membuka lapangan kerja melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

"HIPMI dapat mendorong teman-teman UMKM menjadi pengusaha Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional. Dengan demikian, pengangguran terbuka bisa menurun," imbuhnya.

Suardi mengajak seluruh pihak, termasuk pemerintah, HIPMI, perbankan, dan pengusaha untuk bersinergi dalam membangun Kabupaten Barru. Ia yakin, dengan kolaborasi yang baik, banyak potensi yang dapat dikembangkan di daerah ini.

"Berbahagialah bagi teman-teman yang bergabung di HIPMI karena dapat membuka jaringan dengan lintas daerah dan peluang usaha yang lebih luas," pungkas Suardi.