Kamis, 22 Agustus 2024 15:56

Pengamat Ungkap Alasan Parpol Dukung Andalan Hati di Pilgub Sulsel

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengamat Ungkap Alasan Parpol Dukung Andalan Hati di Pilgub Sulsel

"Pak Sudirman banyak mengerjakan infrastruktur, perbaikan jalan, bandara, dan segala macam. Begitu pun Bu Hj Fatma meninggalkan banyak jejak positif saat menjadi Wakil Wali Kota Makassar,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) menjadi salah satu calon pasangan yang ikut berkontestasi pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel 2024.

Sejauh ini, Andalan Hati telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik. Terkait dukungan partai politik itu pengamat politik Unhas, Prof Armin Arsyad menyebut sangat realistis karena Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) sudah punya pengalaman memimpin Sulsel.

“Pak Sudirman itu sudah terbukti kinerjanya karena dia petahana gubernur periode 2021-2024. Jadi secara keterpilihan jelas dia berhasil memikat banyak masyarakat Sulsel,” kata Prof Armin pada Kamis (22/8/2024).

Baca Juga : Cuti Dua Bulan untuk Pilkada, Danny Pomanto Ingatkan Netralitas ASN

Menurutnya, pendamping Andi Sudirman Sulaiman, yakni Hj Fatmawati Rusdi juga memiliki pengalaman di birokrasi saat menjabat Wakil Wali Kota Makassar, sehingga pasti sudah dikenal masyarakat Sulsel, khususnya Makassar dan Sidrap karena suami Rusdi Masse pernah menjabat bupati dua periode.

“Bu Fatmawati punya pengalaman dan faktor keterpilihan besar. Dulu kan Wakil Wali Kota Makassar, kemudian pernah terpilih DPR RI dari Dapil 3, sekarang terpilih lagi DPR RI dari Dapil 1,” tambahnya.

Ia menyebut, saat ini Fatmawati diusung Partai Nasdem yang menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2024 di Sulsel dengan perolehan 17 kursi. Sehingga dianggap wajar jika banyak masyarakat yang menaruh harapan kepada pasangan Andalan Hati untuk memimpin dan membawa maju Sulsel. 

Baca Juga : Puluhan Ribu Warga Gowa Ikuti Jalan Anti Mager Bersama Andi Sudirman Sulaiman

Jadi saya kira, pasangan Andalan Hati adalah pasangan yang apik untuk membawa Sulsel lebih baik dan maju. Pasangan ini terbukti menarik hati masyarakat dan para parpol untuk memenangkan Pilgub 2024 ini, sambungnya. 

Sementara itu, pengamat politik Unhas lainnya, Andi Ali Armunanto menilai parpol ramai-ramai mendukung pasangan Andalan Hati karena elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Jadi elektabilitas dalam survei yang memang cukup tinggi membuat partai-partai tertarik,” katanya beberapa waktu lalu. 

Baca Juga : Hasil Survei Pilgub Sulsel Unggulkan Pasangan Andi Sudirman Sulaiman - Fatmawati Rusdi

Faktor lain adalah rekam jejak Andalan saat menjabat Gubernur Sulsel dan Fatma saat menjadi Wakil Wali Kota Makassar. 

“Pak Sudirman banyak mengerjakan infrastruktur, perbaikan jalan, bandara, dan segala macam. Begitu pun Bu Hj Fatma meninggalkan banyak jejak positif saat menjadi Wakil Wali Kota Makassar,” tutupnya.

#Andi Seto #Andi Sudirman Sulaiman #Fatmawati Rusdi Masse #Fatmawati Rusdi #Rusdi Masse