Senin, 29 Juli 2024 10:56

Catatan Positif Operasi Pallawa 2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Catatan Positif Operasi Pallawa 2024

“Total ada 9.964 tilang, 125 diantaranya adalah pelanggaran ODOL, sedangkan untuk teguran terhadap pelanggaran diluar prioritas penindakan dalam operasi ini sebanyak 8.040 tindakan,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Operasi Pallawa Pallawa-2024 telah selesai digelar selama 14 hari sejak tanggal 15 sampai dengan 28 Juli 2024.

“Hari ini operasi Pallawa telah berakhir” Kata Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya pada Senin (29/7/2024).

Ia menyebut, selama 14 hari pelaksanaan operasi, situasi Kamseltibcar Lantas dalam keadaan terkendali, sasaran dan target yang ditetapkan dalam pelaksanaan operasi pun dapat kita kelola dan tangani dengan baik sehingga memberikan hasil yang positif.

Baca Juga : Ditlantas Polda Sulsel dan Jajaran Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT Polantas

“Pencapaian hasil positif tersebut tidak terlepas dari Arahan dan Penekanan Kapolda Sulsel bahwa untuk mencapai tujuan Ops Patuh 2024 agar dilaksanakan secara profesional, prosedural, persuasif humanis serta berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP),” tambah Kombes I Made Agus.

Pada operasi ini, terlaksana 256.320 kegiatan penyuluhan atau pencahayaan, terbanyak dilakukan melalui media sosial yakni 224.812 kali selebihnya melalui media cetak, elektronik dan secara langsung di daerah rawan Laka dan Gar Lantas.

“Sedangkan untuk kegiatan penyebaran dan pemasangan spanduk, leaflet dan stiker sebanyak 44.754 lembar,” jelas Akpol 1998 ini.

Baca Juga : Kombes Karsiman Minta Pengantar Jenazah Tertib Berlalulintas

Terkait dengan kecelakaan lalu lintas, Kombes Dr. I Made Agus mengungkapkan bahwa laka juga jika dibandingkan dengan periode operasi yang sama di tahun 2023 mengalami penurunan yang signifikan baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Jumlah laka juga turun 40 kasus atau 12 persen dari 309 menjadi 269 kasus, sedangkan fatalitas turun 20 jiwa atau 45 persen dari 44 menjadi 24 jiwa,” ucapnya.

Catatan lain ikut dibeberkan, Perwira yang berperan dalam pembenahan ETLE Nasional sampai ke Jalan Tol dan mengimplementasikannya secara menyeluruh di Polda Sulsel tak kurang dari setahun ini, bahwa selama pelaksanaan operasi, kinerja ETLE juga telah mencapai sebanyak 271.309 pelanggaran yang tersebar di Kab/Kota yang ada di Wilayah Hukum Polda Sulsel.

Baca Juga : Gagalkan Peredaran Sabu, Lima Personel Satlantas Polres Wajo Terima Penghargaan Dirlantas

Optimalisasi penegakan hukum (Gakkum) melalui ETLE sebagai giat imbangan dalam Ops Patuh Pallawa-2024 termasuk tindakan teguran juga kami lakukan, hal ini sesuai dengan petunjuk Operasi dan telah kami sampaikan ke jajaran agar dimaksimalkan sesuai dengan sasarannya.

“Total ada 9.964 Tilang, 125 diantaranya adalah pelanggaran ODOL, sedangkan untuk teguran terhadap pelanggaran diluar prioritas penindakan dalam operasi ini sebanyak 8.040 tindakan,” jelasnya.

Melalui pelaksanaan operasi Pallawa ini yang didalamnya mengedepankan giat edukatif diimbangi penegakan hukum dengan ETLE baik statistik maupun mobile, disiplin masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat. 

Baca Juga : Ditlantas Polda Sulsel Monev di Kampung Tertib Lalu Lintas Wajo

“Pemmahaman masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara itu dapat diwujudkan melalui perilaku dijalan yang tertib,” harap Kombes I Made Agus.

#Ditlantas Polda Sulsel