Senin, 15 Juli 2024 13:46

Penjelasan RSUD Andi Makassau Soal Anak Malas Makan

Editor
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjelasan RSUD Andi Makassau Soal Anak Malas Makan

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dr. Ega Jaya, Sp.KFR mengungkap pentingnya mengetahui kesulitan makan yang terjadi pada anak-anak.

PAREPARE - Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dr. Ega Jaya, Sp.KFR mengungkap pentingnya mengetahui kesulitan makan yang terjadi pada anak-anak.

Akibat kesulitan makan, anak-anak mempunyai masalah kesehatan. Salah satunya dengan gangguan pilah pilih makanan.

"Jadi kalau misalkan kesulitan makan pada anak itu kita harus tau dulu, sebenarnya kapan si anak ini mengalami kesulitan makan," jelasnya, Senin (15/7/2024).

Baca Juga : Cek Kesehatan di RSUD Andi Makkasau, Ini Jadwal Poliklinik Rawat Jalan

Ega menjelaskan, kesulitan makan merupakan gangguan yang terjadi pada anak-anak. Sehingga menyebabkan mempunya masalah kesehatan.

"Jadi dari definisinya aja ya, kesulitan makan artinya keterlambatan atau gangguan keterampilan makan atau skill makannya si anak ini," jelasnya.

Menurutnya, kesulitan makan bukan hanya dari mengunyah. Namun saat sang anak ingin memasukkan makanan ke dalam mulutnya juga disebut gangguan.

Baca Juga : RSUD Andi Makkasau Terbaik Pertama Kategori RS Type B di Sulselbartramal

"Nah kesulitan makan ini bukan hanya mengunyah, tapi gangguan saat dia mau memasukkan makanan ke dalam mulut pun juga disebutnya gangguan," rincinya.

Selain itu, jika anak-anak sulit menelan dan tekstur makanan tidak sesuai dengan umurnya juga disebut sebagai gangguan makan.

"Kayak misalnya anak usia satu tahun, harusnya bisa makanan padat tapi ternyata dia masih makan bubur. Bubur yang disaring begitu, itu juga bisa disebut gangguan makan," ujar Ega.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Tinjau IGD RSUD Andi Makkasau, Pantau Kualitas Pelayanan

Sementara anak yang sudah makan segala macam hal, tetapi dia pilih-pilih makanan. Hal itu merupakan gangguan makan yang menyebabkan makanan sang anak tidak bervariatif.

"Akhirnya makanannya tidak jadi Variatif. Itu secara garis besarnya seperti itu kalau gangguan makan," rincinya.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau Parepare