Kamis, 11 Juli 2024 11:05

PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Vale IGP Pomalaa berkolaborasi Pemkab Kolaka dan masyarakat melakukan penanaman bibit bakau di area pesisir, Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/7/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)
PT Vale IGP Pomalaa berkolaborasi Pemkab Kolaka dan masyarakat melakukan penanaman bibit bakau di area pesisir, Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/7/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale IGP Pomalaa menanam ribuan bibit bakau di Desa Totobo, Kolaka, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini melibatkan kolaborasi dengan Pemkab Kolaka dan masyarakat setempat, serta dihadiri oleh pejabat daerah dan karyawan PT Vale, dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan pesisir.

RAKYATKU.COM, KOLAKA - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu.

Berkolaborasi Pemkab Kolaka dan masyarakat, PT Vale IGP Pomalaa melakukan penanaman ribuan bibit bakau di area pesisir, Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah karyawan dan kontraktor PT Vale IGP Pomalaa, Pj Sekretaris Daerah Kolaka, Asisten II Setda Kolaka, dan Forkopimda Kolaka.

Baca Juga : Pj Bupati Kolaka Apresiasi Peran PT Vale dalam Pembangunan Daerah

Head of Project IGP Pomalaa, Mohammad Rifai, mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun untuk mengajak semua orang di dunia agar terlibat dalam upaya melindungi dan memulihkan bumi. Dalam kegiatan ini, IGP Pomalaa menyiapkan 1.000 bibit bakau untuk ditanam di area pesisir seluas 1 hektare.

PT Vale IGP Pomalaa, kata dia, bertekad untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sangat penting untuk kehidupan yang baik bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.

“Meskipun kami belum beroperasi, tapi semua kegiatan telah kami siapkan bentuk pengelolaannya, termasuk upaya minimalisasi gangguan terhadap lingkungan. Kami pun senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan pada tahap operasi maupun pascaoperasi,” katanya.

Baca Juga : Menlu Retno Praktik Pertambangan Berkelanjutan PT Vale di Sorowako

Penanaman bakau di pesisir Desa Totobo merupakan program lingkungan yang pertama kali dilakukan di IGP Pomalaa sepanjang tahun 2024. Selain itu, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, PT Vale IGP Pomalaa juga melakukan beberapa kegiatan, di antaranya mengedukasi siswa SMPN 1 Pomalaa membuat pupuk kompos melalui Program Vale Goes to School. Kemudian, mengadakan lomba aneka kreasi pemanfaatan barang-barang bekas agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Kami juga akan ikut serta dalam kegiatan aksi bersih pantai bersama Pemda Kolaka dan masyarakat,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah Kolaka, Muhammad Fadlansyah, memuji komitmen PT Vale dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Kata dia, keberadaan pohon bakau di area pesisir sangatlah penting sebagai penyangga ekosistem laut, sehingga semua pihak berkewajiban menjaga dan memelihara keberadaannya.

Baca Juga : Laporan Keberlanjutan 2023, PT Vale Tegaskan Komitmen Net Zero Emission 2050

Menurutnya, aksi tanam ribuan bakau yang dilaksanakan PT Vale IGP Pomalaa bekerja sama dengan Pemda Kolaka merupakan upaya untuk menghijaukan wilayah Kolaka.

“Menjaga keberlangsungan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua. Semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Salah seorang warga Desa Totobo, Reski, mengaku senang dengan upaya PT Vale IGP Pomalaa dalam menjaga kelestarian alam di pesisir. Ia berharap, bibit bakau yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat meningkatkan populasi keanekaragaman hayati di pesisir Desa Totobo.

#PT Vale Indonesia