Selasa, 09 Juli 2024 22:17

OJK Pusat Hadiri Kuliah Tamu di Unismuh, Ajak Kampus Terlibat dalam Pengawasan Lembaga Sektor Keuangan

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
OJK dan Unismuh berkolaborasi kampanyekan students Integrity Campaign
OJK dan Unismuh berkolaborasi kampanyekan students Integrity Campaign

Kampanye ini adalah langkah nyata untuk membangun generasi muda yang berintegritas tinggi dan siap menghadapi tantangan di masa depan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sukses menggelar acara "Student Integrity Campaign" yang bertemakan "Transformasi Governansi Pilar Penyangga Integritas." Acara ini berlangsung pada Selasa, 9 Juli 2024, di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof Ambo Asse, yang menyampaikan pentingnya peran OJK dalam pengawasan keuangan, serta pentingnya kampus bersinergi dengan OJK.

"Sosialisasi ini penting karena ananda mahasiswa adalah pemimpin masa depan. Di masa mendatang, mungkin ada yang bertugas di OJK, atau mungkin jadi pegawai di dunia perbankan. Kampanye ini adalah langkah nyata untuk membangun generasi muda yang berintegritas tinggi dan siap menghadapi tantangan di masa depan," ujar Ambo Asse dalam sambutannya.

Baca Juga : OJK Lanjutkan Upaya Hukum Terhadap Pemilik Kresna Group

Selain pengawasan institusional, Ambo Asse juga menyorot pentingnya memperkuat pengawasan terhadap diri sendiri, dengan keyakinan bahwa ada malaikat yang senantiasa mencatat perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan.

Kampanye yang digelar dalam bentuk kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Kepala Departemen Penegakan Integritas dan Audit Khusus OJK Siswani Wisudati, dan

Plh Kepala Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Budi Susetiyo.

Baca Juga : SBPO Triwulan II 2024 Optimis Kinerja Perbankan Semakin Baik

Keduanya melakukan sosialisasi mengenai peran dan fungsi OJK. Mereka menyinggung peran dan wewenang OJK dalam pengaturan dan pengawasan perbankan maupun pasar modal.

Sebelumnya pengaturan dan pengawasan perbankan adalah wewenang Bank Indonesia,

sedangkan pasar modal dan lembaga keuangan menjadi wewenang Badan Pengawas Pasar

Baca Juga : Refleksikan Hari Buku Nasional, PWM Sulsel Gelar Diskusi Buku Covering Muhammadiyah

Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Sebagai sebuah lembaga yang dibentuk

untuk menghadirkan pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi di sektor keuangan, OJK

Baca Juga : Waspada Rentenir, OJK Gencarkan PHINISI di UMKM

berharap pihak perguruan tinggi dapat mengenai tugas dan fungsi yang kini dimiliki OJK.

Prof Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor II Unismuh Makassar, bertindak sebagai moderator dalam diskusi yang berlangsung interaktif dan penuh antusiasme dari para peserta. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menggali lebih dalam tentang topik yang dibahas.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mahasiswa tentang pentingnya integritas dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga : OJK: Total Aset Perbankan di Sulsel Capai Rp193,55 Triliun pada Maret 2024

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan akademik yang lebih transparan dan akuntabel, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas.

#OJK #unismuh