Sabtu, 29 Juni 2024 12:15

Jumlah Kasus Stunting Menurun, Kabupaten Gowa Borong Tiga Penghargaan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jumlah Kasus Stunting Menurun, Kabupaten Gowa Borong Tiga Penghargaan

Kabupaten Gowa berhasil menurunkan angka stunting hingga 11,9 persen, dimana pada tahun 2022 sebesar 33 persen dan tahun 2023 turun menjadi 21,1 persen.

GOWA --- Kabupaten Gowa meraih 3 (tiga) penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat. Ketiga penghargaan tersebut diraih Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud menerima penghargaan Dharma Karya Kencana dan Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menerima Manggala Karya Kencana.

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Strategis Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Dr. Oktaheroe Ramsi, S.IP, MSc dalam acara Gala Dinner dan Pemberian Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana Tahun 2024 yabg berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jl. Pahlawan No. 9 Kota Semarang, Jum'at, (28/6).

Abdul Rauf mengatakan penghargaan ini berkat kerja keras dari seluruh pihak yang ada, khususnya dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : SS Sport Centre Gowa Diresmikan

“Tentu penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tapi untuk kita semua yang bekerja keras berjuang bersama menurunkan stunting di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Dirinya menyebut penghargaan ini diberikan karena Gowa dianggap berprestasi dan memiliki komitmen serta berperan aktif dalam program pembangunan keluarga serta percepatan penurunan stunting untuk Mewujudkan Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 yang telah dirilis oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Kabupaten Gowa berhasil menurunkan angka stunting hingga 11,9 persen, dimana pada tahun 2022 kemarin sebesar 33 persen dan tahun 2023 turun menjadi 21,1 persen.

Baca Juga : DPRD Setujui Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemkab Gowa Tahun 2023

Olehnya, Abdul Rauf meminta tren penurunan stunting yang sangat signifikan ini bisa dilanjutkan di tahun 2024 ini sehingga Gowa mampu berkontribusi terhadap penurunan stunting nasional yakni 14 persen di tahun 2024.

Hal yang sama diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan yang juga meraih penghargaan yakni Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.

“Alhamdulillah tentu penghargaan ini berkat kerjasama seluruh jajaran TP PKK Kabupaten Gowa yang turut berkontribusi dalam mendukung program Bangga Kencana. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami di TP PKK Kabupaten Gowa untuk terus bekerja dan berkontribusi dalam pembangunan keluarga yang berkualitas serta penurunan stunting di Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Sidak Pelayanan RSUD Syekh Yusuf

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang menyaksikan penganugerahan tersebut mengaku bangga atas diraihnya penghargaan ini. Menurutnya, capaian ini berkat kolaborasi seluruh pihak sehingga program yang dijalankan mampu terealisasi dengan baik khususnya dalam menurunkan angka stunting.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi pendorong dalam realisasi program pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana dan penurunan stunting di Kabupaten Gowa,” harapnya.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan #Abd Rauf Malaganni #Priska Paramita Adnan